ADV A1

Kode Etik Guru yang Wajib Kamu Ketahui

FAJAR Pendidikan

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan tentang pelajaran Bahasa Bahasa Indonesia yang bertemakan Kode Etik Guru untuk lebih jelas dan lengkapnya maka simaklah penjelasan yang ada di bawah ini.

Pengertian

Umumnya, kode etik bisa diartikan sebagai nilai, aturan, serta aturan tertulis yang bisa mengatur apa yang harus bisa dilakukan serta apa yang tak boleh dilakukan para profesional.

Kode Etik Guru Indonesia yang terdiri dari aturan serta prinsip yang disepakati dan juga diterima oleh para guru-guru Indonesia. Sebagai pedoman bagi sikap serta perilaku di dalam pelaksanaan tugas profesional sebagai seorang pendidik, anggota masyarakat serta warga negara.

Oleh karena itu bisa disimpulkan bahwasanya kode etik guru ialah aturan, nilai serta norma yang disepakati dan juga diterima oleh guru yang ada di seluruh Indonesia sebagai sebuah pedoman di dalam menjalankan profesinya.

Sebagai pendidik, perilaku serta sikap guru dipakai sebagai contoh tak hanya oleh siswa tapi pula oleh masyarakat.

BACA JUGA :   Makna Denotasi dan Konotasi, Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

Oleh karena itulah, keberadaan dari kode etik guru yang diharapkan bisa mengendalikan sikap guru yang baik sebagai sebuah instruktur ataupun sebagai masyarakat umum.

Di dalam Kongres XIII PGRI, presiden umum PGRI yakni Basuni yang menyatakan bahwasanya yang dimaksud dari kode etik guru ialah pedoman pada tindakan serta dasar moral dari guru-guru Indonesia di dalam menerapkan profesi mereka sebagai seorang staf pengajar.

Macam-Macam Kode Etik Guru

Adapun kode etik guru dari ini memiliki macam-macam di dalamnya, yakni sebagai berikut:

  • Para guru mengembangkan serta meningkatkan secara pribadi dan juga bersama-sama kualitas serta martabat profesinya.
  • Para guru menjaga hubungan dengan kolega profesional, memelihara sebuah rasa kekeluargaan serta solidaritas sosial.
  • Para guru secara bersama-sama menjaga serta meningkatkan kualitas organisasi PGRI sebagai sebuah forum perjuangan serta pengabdian.
  • Para guru yang melaksanakan semua kebijakan pemerintah pada bidang pendidikan.
  • Para guru berkomitmen agar membimbing siswa bisa membentuk seluruh generasi orang Indonesia bersama semangat Pancasila.
  • Para guru mempunyai dan melakukan kejujuran yang profesional.
  • Para guru mencoba agar bisa mendapatkan informasi soal siswanya sebagai alat agar bisa mendorong dan membimbing.
BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD, Subtema 1 Pembelajaran 3, Halaman 26 28 29 30 33 34 35 37 38

Fungsi Kode Etik Guru

Beberapa bagian dari kode etik guru yang sudah dijelaskan di atas, bisa dilihat bahwasanya kode etik guru mempunyai hubungan yang begitu erat dengan dunia pendidikan serta secara otomatis mampu untuk mengikat semua orang yang mempunyai profesi sebagai seorang guru.

Bisa dikatakan bahwasanya profesi guru itu benar-benar tak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan. Dunia pendidikan yang tentu tak akan dapat berfungsi apabila tak ada guru.

Adapun kode etik guru itu memiliki fungsi di dalamnya, yakni sebagai berikut:

Fungsi kode etik guru yang sebagai seperangkat prinsip serta norma moral yang bisa mendukung pelaksanaan tugas serta layanan profesional guru di dalam kaitannya dengan siswa, orang tua atau wali siswa, sekolah serta kolega di dalam profesi, organisasi profesi, serta pemerintah sesuai dari agama, pendidikan, sosial, etika serta kemanusiaan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI