Kultum Ramadhan Singkat Tema ‘Amalan Pokok di Bulan Ramadhan’ Oleh Ustaz Adi Hidayat

FAJAR Pendidilan

Kultum Ramadhan Singkat Tema ‘Amalan Pokok di Bulan Ramadhan’ Oleh Ustaz Adi Hidayat. Kultum singkat ini disampaikan oleh Ustaz Adi Hidayat melalui kanal YouTube Adi Hidayat Official.

Dalam ceramahnya Ustaz Adi Hidayat membahas tentang tiga amalan pokok selama bulan Ramadhan yang harus dilakukan umat muslim. Amalan-amalan ini akan mempermudah hidup dan menambah keberkahan dalam berpuasa.

Berikut tiga amalan pokok yang dilansir dari laman Pikiran-Rakyat.com dari ceramah Ustaz Adi Hidayat, Berikut ini ‘Amalan Pokok di Bulan Ramadhan’ Oleh Ustaz Adi Hidayat.

1. Meningkatkan Sholat

“Maka dari sekarang keluarkan semua jenis-jenis sholat sunnah siang dan malam, Rawatib sholat yang mengiringi sholat fardhu ada 12,” kata Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Rabu 28 September 2022: Aku akan Mengikuti Engkau ke mana pun Engkau Pergi

Lebih lanjut UAH menjelaskan jumlah rakaat sholat rawatib yang dianjurkan yakni 2 rakaat sebelum subuh, 4 rakaat seblum zuhur, 4 rakaat sesudah zuhur, 2 rakaat sesudah maghrib dan 2 rakaat sesudah Isya.

Selain sholat rawatib ada beberapa sholat sunnah lainnya yang dianjurkan adalah Sholat Syuruk, Sholat Dhuha, Teraweh ,Tahajud hingga Witir.

2. Berinteraksi dengan Alquran

Poin kedua yang menjadi amalan pokok selama Ramadhan adalah berinteraksi dengan kitab suci Alquran.

Berinteraksi dengan Alquran ini dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu sebagai berikut:

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Selasa 4 Oktober 2022: Marta Menerima Yesus di Rumahnya, Maria Telah Memilih Bagian yang Terbaik

– Banyak membaca
– Tilawah
– Mengkaji isi Alquran

3. Infaq

Terakhir dengan memberikan infaq selama bulan Ramadhan ini.

UAH menerangkan jika infaq ini tidak perlu berjumlah banyak atau tidak harus berupa uang.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa memberi makan untuk orang berpuasa akan mendapat pahala setara dengan orang berpuasa.

“Barangsiapa yang memfasilitasi orang buka puasa walaupun dengan sebiji kurma dan sehirup air maka ia mendapatkan pahala seperti orang puasa” (HR At Tirmidzi)

Oleh karena itu UAH pun menganjurkan umat muslim untuk memperbanyak infaq dalam bentuk apapun selama bulan Ramadhan ini.

Kultum Ramadhan Singkat

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Kronologi Mamat Alkatiri Dilaporkan Polisi Kasus Penghinaan

Komika Mamat Alkatiri dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap anggota Komisi 1 DPR RI dan Fraksi Partai Nasdem, Hillari...

Profil dan Biodata Mamat Alkatiri, Komika yang Dilaporkan Brigitta Anggota DPR RI

Komika Mamat Alkatiri dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap anggota Komisi 1 DPR RI dan Fraksi Partai Nasdem, Hillari...

Siswa SMA Kelas XI Bosowa School Makassar Kunjungi UPT-PIBPS

Berikan experiental learning pada pelajaran biologi terkait teknologi inseminasi buatan, siswa SMA Kelas XI Bosowa School Makassar mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Inseminasi Buatan...

Sosialisasi dan Pendampingan Mahasiswa FKM Unhas Ikut Lomba Nasional dan Internasional

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan sosialisasi dan pendampingan mahasiswa untuk mengikuti perlombaan di tingkat nasional dan juga internasional. Sosialisasi yang dilakukan pada...