- Advertisement -

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3, Subtema 1 Pembelajaran 6, Halaman 53, 55, 58

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3, Subtema 1 Pembelajaran 6, Halaman 53, 55, 58. Pembelajaran 6 yang mulai dari halaman 51 sampai 59, merupakan materi Subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan, Tema 7 Perkembangan Teknologi.

Buku Tema 7 Kelas 3 yang dibahas di bawah ini merupakan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Kunci jawaban Tema 7 Kelas 3 di bawah ini diharapkan dapat membantu orang tua dan guru dalam mengoreksi jawaban siswa.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ayo Membaca

Siti, Dayu, Lani, Udin, Beni, dan Edo ingin belajar membuat tempe. Di sekitar tempat tinggal mereka, ada tempat pengolahan tempe. Sebelumnya mereka telah membaca beberapa informasi tentang pembuatan tempe. Bacalah teks bacaan berikut!

Cara Membuat Tempe

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kedelai merupakan hasil perkebunan yang memiliki banyak manfaat. Tempe adalah salah satu hasil teknologi pangan dari kedelai. Cara membuatnya cukup mudah.

Kacang kedelai digunakan untuk membuat tempe. Selain itu, ditambahkan ragi tempe serta daun pisang. Pertama, kacang kedelai dicuci hingga bersih. Kemudian, direndam selama 12 sampai 18 jam

BACA JUGA:  Tugas dan Wewenang Kepala Desa, Siswa Wajib Tahu

Kacang kedelai dicuci hingga kulitnya terlepas. Lalu, kacang kedelai dikukus atau direbus hingga empuk. Kacang kedelai yang sudah empuk diangkat dan ditiriskan. Ragi tempe dapat ditaburkan jika suhunya telah berubah menjadi hangat.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kacang kedelai dapat dikonsumsi dalam bentuk yang baru yaitu tempe, melalui teknologi pangan. Teknologi pangan bermanfaat agar kedelai dapat dinikmati sebagai jenis makanan baru. Zat gizi pada tempe dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 53

Ayo Berlatih

Amati teks pada paragraf terakhir. Apa manfaat teknologi pangan terhadap hasil panen kacang kedelai? Uraikan di bawah ini!

Jawaban:

Kacang kedelai dapat dikonsumsi dalam bentuk yang baru yaitu tempe. Zat gizi pada tempe dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

Lengkapi kalimat di bawah ini!
Gunakan kata-kata dalam kotak untuk membantumu.

Jawaban:

Tempe merupakan salah satu makanan yang diolah melalui teknologi pangan. Bahan utamanya adalah kacang kedelai dan ragi tempe. Ragi tempe berguna dalam proses perubahan dari kacang kedelai menjadi tempe. Ragi tempe ditaburkan di atas kacang kedelai saat suhu kacang kedelai rebus telah turun menjadi hangat. Setelah satu atau dua hari, kedelai akan berubah menjadi tempe. Konsumsi tempe akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Ayo Mengamati

BACA JUGA:  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5, Subtema 1 Halaman 20 21 23 24 25 Pembelajaran 3

Siti, Dayu, Lani, Udin, Edo, dan Beni ikut serta membuat tempe. Mereka bekerja sama menyiapkan proses pembuatan tempe. Udin dan Edo menyiapkan kompor dan panci. Dayu mencuci kacang kedelai dibantu oleh Lani. Siti dan Beni bertugas merebus kacang kedelai.

Siti harus mengisi panci dengan air. Panci yang tersedia berukuran besar. Gelas untuk menuang air berukuran kecil. Siti menghitung banyaknya gelas berisi air agar panci terisi sampai penuh.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 3 Halaman 55

Ayo Berlatih

Jika air di gelas dituangkan ke dalam panci, lingkari volume air yang lebih banyak!

Jawaban:

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: