Kurikulum Sekolah Internasional Terbaik untuk Siswa Berprestasi

Salah satu upaya yang dilakukan orang tua agar anaknya bisa berprestasi adalah dengan menyekolahkan di sekolah terbaik. Sekolah terbaik yang dimaksud disini adalah sekolah dengan standar internasional. Beberapa tahun terakhir ini, peminat sekolah internasional semakin tinggi. Hal ini dikarenakan kualitas pendidikan yang ditawarkan.

Selain itu, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum internasional. Jumlah sekolah internasional di Indonesia cukup banyak tetapi tidak semua sekolah menggunakan kurikulum yang sama. Dari sekian banyak kurikulum internasional, inilah beberapa kurikulum sekolah internasional terbaik untuk siswa berprestasi.

- Iklan -

4 Kurikulum Sekolah Internasional Terbaik untuk Siswa Berprestasi

Perlu diketahui jika kurikulum yang digunakan oleh sekolah akan berpengaruh pada kualitas siswanya. Dalam hal ini berarti informasi tentang kurikulum itu sangat penting untuk diketahui. Berikut kurikulum internasional terbaik yang harus Anda ketahui:

1. Kurikulum Montessori

Nama kurikulum pertama yang biasanya digunakan di sekolah internasional adalah kurikulum montessori. Kurikulum ini biasanya diterapkan di jenjang pendidikan usia dini (prasekolah) dan sekolah dasar. Kurikulum montessori sangat cocok untuk jenjang pendidikan tersebut karena fokus pembelajarannnya bukan untuk mendapatkan nilai bagus.

Fokus pembelajarannya berupa aktivitas pengembangan karakter, perilaku dan kemampuan adaptasi. Kurikulum montessori memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah bisa mendorong siswa untuk bisa bekerjasama dengan tim. Selain itu, siswa bisa belajar tegas dan juga teratur pada pilihannya.

- Iklan -

2. Kurikulum International Cambridge

Kurikulum Sekolah Internasional yang sering digunakan di Indonesia adalah kurikulum internasional Cambridge. Sedikit informasi bahwasanya kurikulum ini dirancang serta dibina langsung oleh Universitas Cambridge, Inggris. Adapun fokus pembelajaran pada kurikulum ini adalah membiasakan siswa untuk berpikir secara kritis.

Baca Juga:  Rekomendasi Jam Tangan Mewah Klasik dan Modern, Dapatkan di Blibli!

Tidak hanya itu saja, siswa juga dibiasakan untuk bisa menganalisis sesuatu dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Menariknya lagi, kurikulum Cambridge mengutamakan pengembangan bakat dan minat siswa sehingga bisa berprestasi sesuai bakat serta minat yang dimiliki. Bisa dibilang siswa lulusan sekolah yang menggunakan kurikulum tersebut bisa menjadi siswa yang berkualitas.

3. Kurikulum International Baccalaureate (IB)

Jika kurikulum Cambridge berasal dari Inggris, sementara kurikulum IB berasal dari Jenewa, Swiss. Kurikulum IB banyak digunakan di Indonesia maupun negara lainnya. Jika ada sekolah yang ingin menggunakan kurikulum ini maka harus mendapatkan izin resmi terlebih dahulu dari organisasi IB.

- Iklan -

Fokus utama dari kurikulum ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, menumbuhkan kemampuan emosional maupun sosial siswanya. Selain itu, juga membantu menumbuhkan kemampuan intelektual yang baik. Prakteknya, kurikulum ini mengedepankan empati serta mengembangkan rasa solidaritas sehingga siswa akan memiliki tingkat kepedulian yang tinggi terhadap manusia maupun lingkungannya.

4. Kurikulum Singaporean Primary School Curriculum (SPC)

Kurikulum SPC sudah cukup populer di Indonesia. Dimana fokus pembelajaran pada kurikulum ini lebih mengutamakan fleksibilitas belajar yang sudah disesuaikan dengan potensi, kemampuan dan minat siswa. Dengan begitu, maka siswa bisa berprestasi sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Baca Juga:  Rekomendasi Jam Tangan Mewah Klasik dan Modern, Dapatkan di Blibli!

Tujuan dari kurikulum ini adalah bisa membuat siswa memiliki daya saing yang besar di tingkat internasional. Selain itu, juga membantu anak untuk fokus meraih cita-citanya. Ada beberapa mata pelajaran yang diberikan pada kurikulum ini. Namun, bahasa Mandarin menjadi salah satu mata pelajaran wajibnya.

Nah, itulah 4 kurikulum sekolah internasional terbaik untuk siswa berprestasi. Keempat kurikulum yang disebutkan diatas sudah banyak digunakan di Indonesia. Untuk bisa memiliki anak berprestasi tidak harus disekolah di sekolah dengan kurikulum internasional.

Jika Anda mencari sekolah dengan standar internasional, SMA Dwiwarna (Boarding School) adalah jawabannya. Sekolah ini menggunakan kurikulum nasional, tepatnya adalah kurikulum merdeka.

Kurikulum merdeka memiliki banyak keunggulan, seperti sistem penjurusan IPA, IPS dan Bahasa sudah dihapuskan, mengembangkan karakter, fleksibel dan fokus mempelajari materi esensial lebih mendalam, dan sebagainya.

Meski nasional, tetapi sekolah ini memiliki standar internasional yang tercermin dalam banyak hal. Salah satunya adalah kerjasama yang terjalin dengan banyak lembaga sekolah internasional seperti Morioka Chuo High School Jepang, Hunting Tower School Australia, Anabuki College Group, dan lain sebagainya.

Lewat berbagai kerjasama ini, siswa bisa mendapatkan standar pendidikan internasional yang tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk kemajuan akademik serta non akademik mereka.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU