Lailatul Qadar, Malam Seribu Bulan

Alhamdulillah, kita telah melewati 10 malam kedua dari puasa Ramadan dan telah memasuki 10 dalam terakhir.

Biasanya umat Islam bila sudah memasuki 10 malam terakhir Ramadan, mereka mengantisipasi turunnya Lailatul Qadar, di malam-malam tersebut hingga berakhirnya Ramadan, siapa tahu sesuatu yang dirahasiakan Allah itu, jatuh kepadanya..

Semua umat Islam pasti telah mengetahui keutamaan malam Lailatul Qadar. Namun kapan malam tersebut datang ? Lalu adakah tanda tanda dari malam tersebut? Semoga kita dimudahkan oleh Allah Taala untuk mendapatkan malam-malam yang keutamaannya lebih baik dari 1000 bulan.

- Iklan -
Baca Juga:  Kisah Munculnya Salat Tarawih

Keutamaannya

Pada sepertinga terakhir dari bulan yang penuh berkah ini, terdapat malam Lailatul Qadar, suatu malam yang dimuliiakan oleh Allah Taala melebihi malam malam lainnya. Di antara kemuliaan malam tersebut adalah Allah Taala mengantisipasinya dengan malam yang penuh keberkahan.

Allah Taala berfirman, “Sesungguhnya Kami menurunkannya Al-Quran pada suatu malam yang dibetkahi dan sesungguhnya Kamilah yang membeei peringatan Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang pwnuh hikmah” (QS Ad Dukhan (44), 3 -4).

- Iklan -
Baca Juga:  Nikmatnya Bertemu Ramadan

Malam yang diberkahi dalam ayat ini, adalah malam Lailatul Qadar, sebagaimana sitafsirkan pada surat Al Qadar. Allah Taala berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan” (QS Al Qadar (97) : 1)

Keberkahan dan kemuliaan yang dimaksud, disebutkan dalam ayat selanjutnya, “Malam kemuliaan itu, lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu, turun malaikat-malaikat, dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk.mengatur segala urusan Malam itu (penuh), kesejahteraan sanpai terbit fajar” (QS Al Qadar (97) : 3 – 5). (berlanjut/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU