Lantamal VI Latihan Evakuasi Pasien Covid-19 di Laut

FAJAR Pendidikan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dipimpin langsung oleh Komandan Denma (Dandenma) Lantamal VI Letkol Laut (P) Andik Putro Wibowo, S. Sos, peserta latihan Penanganan Covid-19 Lantamal VI Tahun 2020 melaksanakan praktek lapangan Teknis Prosedur Evakuasi Medis Pasien Covid-19 di laut, Kamis (09/04/2020).

Sebelum dimulai praktek lapangan tersebut, diawali dengan briefing tentang teknis pelaksanaan oleh Dandenma Lantamal VI bersama peserta dan Tim Subsatgas Covid-19 Lantamal VI.

Dandenma Lantamal VI mengatakan bahwa praktek akan diawali dengan adanya laporan tentang salah satu ABK Kapal yang sedang berada di laut mengalami gejala yang mirip dengan demam infeksi Virus SARS-COV-2.

“Setelah mendengar laporan dari orang tersebut, dengan peralatan APD lengkap, Tim siaga Subsatgas Covid-19 Lantamal VI segera menuju lokasi dimana Kapal tersebut berada dengan Sea Rider untuk segera mengevakuasi pasien yang telah terpapar virus tersebut”, ujarnya.

BACA JUGA :   KPK Bekuk 2 Tersangka Korupsi Pekerjaan Pembangunan Stadion

“Untuk selanjutnya setelah dievakuasi lewat jalur laut, dengan pengawalan ketat kemudian pasien tersebut akan dibawa langsung ke RSAL Jala Ammari untuk selanjutnya menjalani rangkaian tes dan mendapatkan perawatan medis oleh tim medis penganan Covid-19 di sana”, tambahnya.

Menurut Aspos Danlantamal VI Kolonel Laut (P) Ardhi Sunaryo, S.T., M.M., selaku Dansubsatgas Covid-19 Lantamal VI mengatakan bahwa latihan ini sesuai dengan arahan dari Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) untuk membentuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 serta bertujuan untuk melatih para peserta tentang SOP pelaksanaan evakuasi pasien yang sedang berada di atas kapal dengan posisi di laut yang telah terpapar dengan gejala mirip infeksi Virus Corona.

BACA JUGA :   IKA SMAN 3 Makassar, Jaga Terus Kekompakan

“Setelah mendapatkan materi tentang pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) serta Evakuasi Medis pasien Covid-19, hari ini peserta dengan memakai APD lengkap melaksanakan praktek lapangan agar sewaktu-waktu apabila dibutuhkan bantuannya para personel sudah siap dan mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan”, kata Dansubsatgas Covid-19 Lantamal VI ini.

“Saat pelaksanaan praktek pun, seluruh peserta memakai APD, masker, sarung tangan serta menyemprotkan disinfektan ke kapal dan pasien dengan memperhatikan protokol kesehatan dari WHO seperti menjaga jarak minimal 1 – 2 meter antara satu individu dengan yang lainnya”, ujar Kolonel Laut Ardhi. (WLD)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI