Mahasiswa PBL FKM Unhas Lakukan Metode Bedah Film dan Emo Demo Atasi Perokok Remaja

Takalar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) posko 12 Desa Barugaya, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, melakukan kegiatan penyuluhan rokok kepada siswa SMP Negeri 04 Polongbangkeng Utara. Senin, 16 Desember 2019.

​Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh mahasiswa posko 12 pada PBL I yang dilakukan pada bulan Juni 2019, terdapat tingginya angka perokok di Desa Barugaya pada rentan umur 10-18 umur.

Berdasarkan hasil tersebut, maka intervensi yang dilakukan yaitu penyuluhan bahaya rokok yang menjadi sasaran dari kegiatan penyuluhan ini yaitu siswa kelas VII, kelas VIII serta guru dan pegawai di SMP Negeri 04 Polongbangkeng Utara.

- Iklan -
Baca Juga:  BEM Fakultas Psikologi Unibos Gelar Pelatihan Karya Tulis

​Pada penyuluhan ini siswa kelas VII dan VIII dibagi menjadi dua kelompok. Pada Kelompok pertama, diberikan penyuluhan serta pemutaran film tentang rokok.

Pada kelompok dua diberikan penyuluhan dan emo demo tentang rokok. Sedangkan pada para guru dan pegawai dilakukan FGD tentang rokok.

​Kegiatan penyuluhan ini berlangsung pada pukul 08.30 WITA sampai dengan pada pukul 11.40 WITA. Siswa serta para guru dan pegawai sangat antusias dalam penyuluhan ini.

- Iklan -
Baca Juga:  Unpacti Makassar Berikan Pembekalan Bagi Mahasiswa KKN/P

Diakhir kegiatan penyuluhan, siswa membuat komitmen dengan menuliskan pada lembar kertas dan menempelkannya pada karton terkait siap berhenti serta menghindari rokok.

Selain para siswa, kepala sekolah SMP Negeri 04 Polongbangkeng Utara sebagai perwakilan dari para guru dan pegawai menandatangani lembar pernyataan “Sekolah Bebas Rokok”.

Selain dari itu, mahasiswa PBL Posko 12 memberikan plakat kepada SMP Negeri 04 Polongbangkeng Utara sebagai ucapan terima kasih yang diwakili oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 04 Polongbangkeng Utara.

- Iklan -

Sebelum pulang dari sekolah SMP Negeri 04 Polongbangkeng Utara dilakukan sesi dokumentasi oleh mahasiswa bersama para siswa dan kepala sekolah.(*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU