Monday, June 1, 2020

Mahasiswa PBL II FKM UNHAS Gelar Permainan Edukatif Tentang Gizi Seimbang

- Advertisement -

Takalar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Posko 8 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) di Desa Towata melaksanakan salah satu program kerjanya yakni, Permainan Ular Tangga dan Rangking Satu yang dilaksanakan pada hari Senin, 16 Desember 2019.

PBL yang dilaksanakan merupakan salah satu mata kuliah wajib di semester ganjil. PBL ini akan dilaksanakan sejak tanggal 12 sampai 23 Desember 2019.

Pada PBL II ini, berdasarkan identifikasi masalah pada PBL I, mahasiswa kesmas harus mampu merencanakan dan melaksanakan suatu kegiatan intervensi kesehatan masyarakat sebagai bagian dari upaya menyelesaikan masalah kesehatan msyarakat.

Sasaran dari program intervensi untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang ini adalah anak-anak di Desa Towata.

Kegiatan dilaksanakan di UPT SDN 209 Inpres Salekowa kelas 3, 4 dan 5.

Permainan ular tangga dilaksanakan di halaman sekolah yang pesertanya adalah murid kelas 4 dan rangking 1 dilaksanakan di dalam kelas yang pesertanya adalah siswa kelas 3 dan 5.

Selama kegiatan berlangsung guru dan Kepala Sekolah SDN 209 Impres Salekowa juga berperan dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Para murid juga begitu antusias mengikuti permainan ular tangga dan rangking 1. Semua murid diberikan penjelasan terdahulu mengenai gizi seimbang dan diberitahu cara bermain ular tangga dan rangking 1 dengan benar yang dibawakan oleh mahasiswa yang memandu games edukatif tersebut.

Peserta ular tangga dan rangking 1 diberi terlebih dahulu pre-test kemudian permainan dimulai. Pada permainan ular tangga siswa kelas 4 dibagi menjadi 3 kelompok dan kemudian diacak kelompok yang bermain lebih dulu.

Pemenang adalah mereka yang lebih dulu sampai pada setiap kelompok yang bermain. Pada permainan rangking 1 dibacakan soal dengan jawaban benar atau salah, kemudian akan terpilih pemenang yang menjawab benar sampai akhir.

Setelah bermain murid-murid kemudian diberikan penjelasan mengenai gizi seimbang yang dibawakan oleh mahasiswa PBL II Posko 8 dan dilanjutkan dengan pengisian post-test.

Untuk mengapresiasi partisipasi anak-anak siswa SD kami memberikan berupa hadiah kepada pemenang dalam permainan ini.

Terakhir, pada program ini adalah pemasangan poster gizi seimbang di Sekolah SDN 209 Impres Salekowa. (*/FP)

- Advertisement -

TERKINI

Hasil Swab Negatif, 19 Warga Bone Dipulangkan Isolasi Mandiri di Rumah

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Sebanyak 19 warga yang terdata pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bone, kini dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil...

Kunker Di Ajakkang, Kapolres Barru Bahas Kamtibmas, Covid-19 Dan Pilkada

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangka Silaturahim, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Barru Akbp Welly Abdillah melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Aula Kantor Desa...

Di Hari Lahir Pancasila, Lantamal VI Luncurkan Video Pendek “Garuda Di Lautku”

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2020 hari ini, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) memperingatinya...

Kurva Covid-19 di Aceh Landai, Yuri: Kunci Keberhasilannya Ada di Masyarakat

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Juru Bicara Covid-19 Achmad Yurianto mengapresiasi masyarakat Aceh atas keberhasilan dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19. Menurutnya,...

REKOMENDASI