Memperluas Jejaring HI dan Pengetahuan Kedokteran FKIK Unismuh Makassar Gelar Kegiatan Kolaborasi

Dalam Rangka memperluas jejaring Hubungan Internasional dan meningkatkan pengetahuan kedokteran berbasis teknologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Makassar (FKIK Unismuh Makassar) menggelar kegiatan kolaborasi internasional antara FKIK Unismuh Makassar dengan De Martinis Telemedicine Panel (DEMATEPA), pada Jum’at, 30 September 2022

Kuliah Umum yang diawali dengan Opening Speech oleh Prof. Dr. dr. Suryani As’ad, MSc, Sp.GK(K) selaku Dekan FKIK Unismuh Makassar, kemudian dilanjutkan oleh Dr. Nando Campanella, PhD sebagai Guest Lecture dari DEMATEPA.

- Advertisement -

Kegiatan dengan Tema “Studium Generale Telemedicine’s Potential To Support Doctor’s In Primary and Emergency Cases”, bertempat di Aula Ruang Kuliah Hall Lantai 3 Gedung FKIK Unismuh Makassar.

- Advertisement -

Dalam Kuliah Ilmiah nya, Dr. Nando Campanella, PhD memperkenalkan bagaimana Dokter bisa melayani pasien melalui komunikasi telpon/internet atau yang disebut Telemedicine . Beliau juga menyampaikan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan pelayanan primer dibidang kesehatan.

BACA JUGA :   Dekan FKM Unhas Terpilih Jadi Dewan Pengawas AIPTKMI

Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk pengetahuan dokter umum hari ini maupun kedepannya, yang dimana kemajuan teknologi yang sangat pesat mengharuskan praktisi kesehatan khususnya dokter agar bisa melakukan pelayanan dengan berbasis teknologi demi memudahkan pelayanan kesehatan secara umum dan terkhusus kasus kegawatdaruratan atau emergency case. Dan hal ini juga sangat berkaitan dengan visi misi dari Intitusi FKIK Unismuh Makassar yang bercita cita melahirkan Dokter dan Tenaga Kesehatan lainnya yang tanggap dan mahir akan kegawatdaruratan atau emergency case.

BACA JUGA :   515 Aksara Lontara dan Arab Dosen UNM Akan Meriahkan Muktamar As’adiyah

“FKIK Unismuh Makassar bisa berkolaborasi dalam aspek publikasi penelitian, publikasi buku, karya tulis bersama, dan yang paling menarik implementasi best practice dari program DeMartinis telemedicine panel (Dematepa). Besar harapan fkik unismuh makassar bisa menjadi inisiator (percontohan) telemedicine dan teleeducation bagi universitas muhammadiyah lainnya,” ujar dr.Dian Ayu Fitriani,MARS selaku ketua panitia.

“Tentu manfaatnya juga akan dirasakan masyarakat khususnya daerah pedalaman, akses ke layanan kesehatan bukan lagi menjadi hambatan,”tambahnya.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini FKIK Unismuh Makassar berharap bisa memperluas jangkauan hubungan Internasional dan juga membuat SDM yang dilahirkan baik Dokter maupun Tenaga Kesehatan lainnya memiliki pengetahuan tentang kedokteran baik dalam negri maupun secara internasional.(*)

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: