Wednesday, July 8, 2020

Sivitas Akademika FKG Unhas Gelar Halalbihalal dan Tudang Sipulung Virtual

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dalam rangkaian hari raya Idul Fitri 1441 H, sivitas akademika Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (FKG Unhas) menggelar halalbihalal.

Kegiatan yang mengangkat tema “Halal Bihalal: Bersama Kita Kuat Memasuki Era New Normal” berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom dan live streaming di kanal youtube FKG Unhas, Rabu (3/6).

Mengawali kegiatan, Dekan FKG Unhas, drg Muhammad Ruslin, M Kes., Ph D., Sp BM (K) mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1441 H bagi segenap sivitas akademika lingkup Unhas, terutama yang turut serta hadir pada halalbihalal.

Dirinya berharap unsur sivitas akademika FKG secara khusus dan Unhas secara umum bisa melepas kerinduan dan melapangkan hati untuk memberi maaf dengan ikhlas walaupun dilakukan secara virtual.

“Walaupun mungkin secara fisik kita saat ini sedang berjauhan dan hanya bisa bertatap muka secara virtual, tapi semoga tidak akan mengurangi hikmah dan makna dari kegiatan kita,” jelas drg Ruslin.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu juga mengawali sambutan pembukanya dengan mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1441 H sekaligus merasa senang dengan kegiatan halalbihalal yang dirangkaikan dengan tudang sipulung FKG yang melibatkan banyak alumni.

“Momen ini bisa dijadikan sarana bertemu dan bertukar pikiran dan gagasan dalam menghadapi era new normal,” kata Prof Dwia.

“Tema kegiatan sangat strategis dan menjadi trend saat ini. Dengan kegiatan halalbihalal dan tudang sipulung kita harapkan muncul pemikiran kritis dari kalangan akademisi dan praktisi sebagai sumbangsih kita terhadap permasalahan negara sesuai kapasitas kemampuan,” jelas Prof Dwia.

Sebagaimana perguruan tinggi lainnya, di tengah situasi wabah pandemi global Covid-19 ini Unhas mengadakan penyesuaian yang sangat besar dalam kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, khususnya dalam sistem pembelajaran.

“Metode daring telah mengubah karakter dan interaksi antara dosen dan mahasiswa. Kami berharap, FKG Unhas bisa menghasilkan metode yang sistematis dan berkualitas dengan menyesuaikan kondisi pandemi. Dibutuhkan rancangan RPS yang lebih matang. Ini tantangan besar, sehingga perlu adanya kerja sama dengan alumni,” sambung Prof Dwia.

Diakhir sambutannya, Prof Dwia mengajak seluruh unsur civitas akademika FKG dan Unhas untuk membuka hati dan memberi maaf secara ikhlas, dari hati ke hati agar menjadi kuat sebagai satu entitas guna membawa Unhas semakin berjaya dalam kanca nasional dan internasional.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan hikmah dan refleksi halalbihalal yang disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA.

Secara ringkas, Prof Dr KH Nasaruddin Umar, MA. menyampaikan, silaturahmi merupakan sinergi yang mampu melahirkan energi memperkuat hubungan tali persaudaraan antar sesama manusia.

“Hal ini akan memperkuat Unhas menjadi lebih kokoh kedepan,” katanya.

Kegiatan Halalbihalal FKG Unhas juga dirangkaikan dengan Tudung Sipulung dengan tema “Tudang Sipulung: Hemat Bersama Alumni Memasuki Era New Normal”.

Turut hadir sebagai panelis drg Hj Hasnah Syam, MARS (Ketua IKA FKG Unhas, yang juga merupakan anggota DPR RI), drg A Rahmatika Dewi (Anggota DPRD Provinsi Sulsel dan Sekertaris IKA FKG Unhas) dan drg M Arief Rosyid, MM. (Komisaris Independen Bank Syariah Mandiri dan Ketua II IKA FKG Unhas).

Tudang Sipulung FKG secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Dr drg A Arsunan Arsin., M Kes.

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi kegiatan tudang sipulung FKG Unhas dalam suasana religius.

Prof Arsunan berharap kegiatan tersebut bermanfaat untuk pengembangan diri.

Ketua IKA FKG Unhas, drg Hj Hasnah Syam, MARS. memaparkan terkait perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia.

Pada era new normal mendorong masyarakat untuk melakukan adaptasi, melalui program pemerintah guna menerapkan sistem norma baru pasca pandemi.

“Harus ada upaya untuk terus memperkaya wawasan dan pengetahuan terkait Covid-19 agar kita bisa menyikapi dengan baik. Saya percaya, FKG Unhas bisa menjadi pelopor untuk memunculkan ide sekaligus aktif mengedukasi dan melakukan pendampingan agar masyarakat siap menghadapi era new normal,” jelas drg. Hasnah.

Halalbihalal dan Tudang Sipulung FKG Unhas yang diselenggarakan berlangsung dengan hikmat dan lancar sampai berakhirnya kegiatan.(*/FP)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Tiga Peserta UTBK Berkebutuhan Khusus Ikut Ujian di UNM Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Tiga peserta Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) dengan berkebutuhan khusus mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)...

Pendaftaran UMPTKIN 2020 Ditutup, UIN Alauddin Peringkat Pertama Kampus Paling Diminati

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2020 telah resmi ditutup pada Minggu (5/7/2020). Dari...

Pustakawan dan Organisasinya

REFLEKSI HUT IPI KE 47 | 7 JULI 1973 -  7 JULI 2020Oleh: Tulus Wulan Juni (Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan Kota Makassar)

Dosen Unhas Segera Lakukan Rapid Test, Berikut Jadwalnya

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Upaya melakukan pemutusan rantai penularan Covid-19, sebanyak 1.652 dosen Universitas Hasanuddin dari seluruh fakultas dan program studi akan segera...

Dear Mahasiswa, Ini Syarat Penerima Bantuan Keringanan Biaya Kuliah di Masa Pandemi

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Pemerintah mengeluarkan aturan keringanan uang kuliah tunggal bagi mahasiswa yang terkena dampak Covid-19. Melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun...

REKOMENDASI