Mengapa Tumbuh Kembang Kupu-kupu Disebut Metamorfosis?

Setelah menuliskan beberapa naskah hasil pengamatan terhadap sistem atau proses tumbuh kembang kupu-kupu, dapat disimpulkan sementara sebuah definisi tentang metamorfosis.

Terhadap makhluk lainnya, hewan yang beranak dan diperanakkan, termasuk manusia, tumbuhkembangnya, tidak disebut metamorfosis.Tetapi disebut dengan berkembang biak.

Ya, itu tadi karena berkembang dengan proses persalinan. Jadi meskipun induknya hanya satu bisa berkembang menghasilkan beberapa anak, melalui proses kehamilan dan persalinan.

- Iklan -
Baca Juga:  Mengapa Kupu-kupu Hinggapnya di Pohon Bunga?

Metamorfosis

Bedanya dengan kupu-kupu. Tidak melalui proses yang seperti terjadi pada hewan lainnya dan manusia.

Proses tumbuhkembang kupu-kupu melalui perubahan wujud atau bentuk. Dari makhluk yang tidak sejenis, ulat yang berubah wujud menjadi kepompong, kemudian berubah wujud jadi kupu-kupu. Dari kepompong menjadi kupu-kupu, yang kelihatan, sama sekali tidak terkait. Padahal justru itulah cikal bakalnya.

- Iklan -
Baca Juga:  Apakah Setelah Jadi Kupu-kupu, Kembali ke Tempat Asalnya?

Sehingga diperoleh satu kesimpulan untuk sebuah definisi metamorfosis. Jadi metamorfosis adalah sebuah sistem tumbuh kembang, yang tidak melalui proses persalinan, melainkan melalui proses perubahan wujud, dengan beberapa tahapan. Itulah dia metamorfosis kupu-kupu. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU