Mengenal Fisika, Mata Pelajaran Ilmu Ukur

Ilmu fisika adalah salah satu mata pelajaran dari ilmu-ilmu eksakta. Mata pelajaran ini, dipelajari mulai dari SD.

Kalau dulu disebut sebagai mata pelajaran Ilmu Ukur. Belakangan paten sebagai mata pelajaran Fisika. Dan lebih fokus lagi pada level SMA, bagi siswa yang mendapatkan juirusan eksakta, yang juga disebut jurusan IPA.

Kemudian juga pada level Perguruan Tinggi. Di perguruan tinggi umum, khususnya pada ilmu-llmu eksakta, ilmu ini bersifat ilmu khusus sebagai salah satu mata pelajaran atau mata kuliah. Misalnya di Jurusan Teknik, yang terkait dengan ilmu ukur mengukur.

- Iklan -
Baca Juga:  Mengenal Asal Usul Suku Makassar

Salah Satu Jurusan

Tapi di perguruan tinggi keguruan, ilmu fisika tidak bersifat khusus sebagai salah satu mata pelajaran. Justru menjadi salah satu jurusan.

Di peegiruan tinggi ilmu keguruan, meskipun dikatatan Jurusan Fisika, tidak berarti hanya ilmu Fisika saja yang didalami atau dipelajari mahasiswanya. Tetap juga mempelajari ilmu-ilmu lain. Namun mata-mata kuliah ini, dipelajari secara mendalam dan lebih detail.

- Iklan -
Baca Juga:  Mengenal Asal Usul Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan

Sebab lepasannya, nantinya akan menjadi guru pada mata pelajaranan tersebut. Yang akan mengajarkan kepada muridnya, bila ia mengajar di SD (Sekolah Dasar). Atau kepada siswanya, bila ia mengajar di SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau SMA bila ia mengajar di SMA (Sekolah Menengah atas). Atau kepada mahasiswanya bila ia mengajar di Perguruan Tinggi. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU