Mengenal Hedy Lamarr, Sosok Berjasa Terciptanya Teknologi Wifi

Hedy Lamarr adalah sosok yang berjasa dalam penciptaan teknologi Wifi. Ia adalah seorang aktris cantik dalam dunia hiburan perfilman, lahir dengan nama Hedwig Eva Maria Kiesler di Wina. Meskipun dikenal karena bakatnya di panggung teater dan bioskop, Lamarr juga memiliki semangat dalam teknologi.

Pada usia 12 tahun, ia memenangkan kontes kecantikan di Wina, mendapat julukan sebagai wanita paling cantik di dunia pada masanya. Setelah menjadi bintang di Hollywood, Lamarr berkolaborasi dengan George Antheil, seorang tetangga yang komposer, yang pada awalnya bereksperimen dengan pengendalian otomatis instrumen musik.

Baca Juga:  Mengenal Yip Man, Master Wing Chun Pelatih Bruce Lee

Lamarr memperkenalkan idenya ke Antheil, dan bersama-sama mereka mengembangkan sistem komunikasi rahasia menggunakan spektrum sebar pindah frekuensi. Paten untuk teknologi ini diajukan pada tahun 1942, tetapi awalnya ditolak oleh Departemen Pertahanan AS. Teknologi ini akhirnya diadopsi pada tahun 1960-an selama krisis rudal Kuba.

- Iklan -

Pada tahun 1962, ide Hedy Lamarr mulai diimplementasikan pada kapal militer AS. Namun, baru pada tahun 1997 teknologi ini diketahui secara luas oleh publik dan dibeli oleh perusahaan swasta nirkabel untuk pengembangan lebih lanjut.

Baca Juga:  Fakta-Fakta Unik Planet yang Ada di Tata Surya

Penemuan cerdas Hedy Lamarr telah menjadi dasar bagi teknologi komunikasi spektrum sebar saat ini, termasuk Bluetooth, COFDM yang digunakan dalam jaringan Wifi, dan CDMA pada telepon nirkabel.

Setelah kematiannya, namanya dihormati sebagai penemu berpengaruh dan dimasukkan ke dalam National Inventors Hall of Fame.

- Iklan -

Jadi, jika saat ini kita dapat menghubungkan perangkat nirkabel seperti ponsel, PC, dan tablet ke jaringan, kita menggunakan ide yang diciptakan oleh Hedy Lamarr.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU