Wednesday, June 3, 2020

Misteri Batu Hajar Al Aswad

- Advertisement -

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id—Batu yang dikenal dengan nama Al-Hajaru Al-Aswad atau Black Stone ini terletak disalah satu sudut kabah, disemen dan dibungkus perak untuk mencegah kerusakan.

Banyak orang yang berbondong-bondong memasukkan kepala mereka kedalam lubang tersebut untuk mencium batu ini saat menjalankan rirual tawaf.

Mencium Batu Hajar Aswad sudah menjadi tradisi umat muslim, seperti yang dilakukan Nabi Muhammad. Batu Hajar Aswad merupakan batu rubi hitam yang berlubang dan berdiameter sekitar 30 sm. Konon, dulunya batu Hajar Aswad ini berwarna putih, seperti tertulis di Al-Qur’an.

“Hajar Aswad diturunkan dari surga. Warnanya lebih putih dari susu, dan dosa-dosa anak cucu Adam yang menjadikannya hitam,” sabda Rasulullah SAW (Jami’al-Tirmidzi al-Hajj)

Banyak spekulasi mengenai asal usul batu ini. Ada yang mengatakan bahwa hajr aswad merupakan batu meteorid seperti yang ditempatkan dan disembah di Kuil Artemis Yunani.

Elsebeth Thomsen dari University of Copenhagen mengajukan hipotesis pada tahun 1980 yang merupakan pecahan kaca atau dampak meteorit yang terfragmentasi yang jatuh 600 tahun yang lalu di Wabar, sebuah situs di Gosok ‘al Khail  gurun 1,100 km dari Mekkah.

Editor: Wulandari/*

- Advertisement -

TERKINI

IDAI: 1 Juta Anak Bisa Meninggal Bila Sekolah Dibuka Kembali

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman B Pulungan menolak keras rencana sekolah kembali di buka dalam skema new normal. Ia...

Sejumlah Elemen Pers Mengecam Ancaman Pembuhunan Wartawan detik.com. “Pelaku Harus Diproses Hukum”

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sejumlah elemen Pers, mengeluarkan rilis, mengecam tindakan ancaman pembunuhan wartawan detik.com, IM dan penyerangan terhadap medianya. Diantaranya, PWI Pusat, AJI...

Sivitas Akademika FISIP Unhas Gelar Halalbihalal Virtual

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dalam rangkaian hari raya Idul fitri 1441 H, sivitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin...

Unhas Umumkan Pemenang Mahasiswa Berprestasi Tahun 2020

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin mengumumkan hasil seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat Universitas yang dilakukan secara virtual...

REKOMENDASI