- Advertisement -

Pahala Orang yang Tertimpa Sakit dan Rahasia Dibalik Sakit, Sabar dan Tersenyum

Ternyata tidak boleh mengeluhkan bila terserang sakit. Lebih โ€“ lebih ditangisi. Bila perlu, dijalani yang tersenyum. Mengapa ?

Menurut Udztads Najmi Umar Bakkar, Allah ‘Azza wa Jalla telah berfirman : “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka itu akan dibiarkan mengatakan : “Kami telah beriman”, sedangkan mereka tidak akan diuji lagi ?” (QS. Al-Ankabut [29]: 2)

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Bergembiralah saudaraku, bagi orang yang sakit atau yang tertimpa musibah atau ujian. yaitu jika mereka bisa menyikapinya dengan ikhlas, sabar, ridha serta tidak buruk sangka kepada Allah Ta’ala, maka mereka itu akan :

1. Diampni Dosa-Dosanya

“Senantiasa ujian itu akan ditimpakan kepada seorang mukmin & mukminah, baik itu pada dirinya, anaknya serta hartanya, sampai dia pun nanti bertemu Allah tanpa mempunyai kesalahan” .(HR. At-Tirmidzi, Ahmad serta al-Hakim, lihat Shahiihut Targ

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Tidaklah seorang pun muslim yang tertimpa rasa letih, penyakit, bingung, sedih, rasa sakit, duka cita, bahkan duri yang mengenai dirinya, melainkan dengan itu Allah akan gugurkan kesalahan-kesalahannya” .(HR. Bukhari no. 5642 dan Muslim no. 2573)

2. Semakin Dicintai Allah

“Sesungguhnya besarnya pahala akan sesuai dengan besarnya cobaan, dan sesungguhnya apabila Allah telah mencintai suatu kaum maka Dia pun akan menguji mereka. Oleh karena itu, barangsiapa yang ridha, maka baginya keridhaan (Allah), serta barangsiapa yang murka maka baginya kemurkaan (Allah)” . (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, lihat Shahiihut Targhiib wat Tarhiib no. 3407)

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

3. Ditinggikan Derajatnya

“Sesungguhnya seorang hamba apabila telah ditetapkan oleh Allah Ta’ala suatu kedudukan baginya. Kemudian dia tidak dapat mencapai (kedudukan itu) dengan amal perbuatannya. Maka Allah pun akan memberikannya ujian pada tubuh, harta atau anaknya, kemudian dia bersabar atas ujian tersebut. Hingga Allah Ta’ala menyampaikannya pada kedudukan yang telah ditetapkan untuknya”. (HR. Ahmad, Abu Dawud, ath-Thabrani dan Abu Ya’la, lihat Shahiihut Targhiib no. 3409)

BACA JUGA:  Renungan Harian Katolik Kamis 5 Januari 2023: Tidak Ada Kepalsuan di Dalamnya

4. Mendapatkan Surga

“Allah Subhaanahu wa Ta’ala berfirman : “Wahai anak Adam, apabila kamu bersabar dan ikhlas saat tertimpa musibah, maka Aku tidak akan meridhai bagimu sebuah pahala kecuali Surga”.(HR. Ibnu Majah no. 1597, lihat Takhrij Misykaatul Mashaabiih no. 175๐Ÿ˜Ž

5. Keselamatan Dari Api Neraka

“Beritakanlah kabar gembira, sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : “Penyakit itu adalah api-Ku yang Aku telah timpakan kepada hamba-Ku yang mukmin di dunia ini, agar dia dapat selamat dari api Neraka di akhirat” . (HR. Ahmad II/440, Ibnu Majah no. 3470 dan al-Hakim I/345, lihat Silsilah ash-Shahiihah no. 557)

6. Mendapatkan Kebaikan

“Barangsiapa yang dikehendaki oleh Allah untuk mendapatkan kebaikan, maka akan ditimpakan musibah (ujian) kepadanya” . (HR. Bukhari no. 5645, hadits dari Abu Hurairah)

7. Mendapatkan Keberkahan dan Rahmat Serta Petunjuk

“Mereka itulah (yaitu orang2 yang tertimpa ujian atau musibah) yang akan mendapatkan keberkahan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, & mereka itulah orang2 yang mendapat petunjuk” .(QS. Al-Baqarah [2]: 157)

8. Mendapat Pahala Tanpa Batas

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas” . (QS. Az-Zumar [39]: 10).

BACA JUGA:  Jadwal Puasa Rajab 2023 dan 5 Keistimewaannya

4 RAHASIA DIBALIK SAKIT

Rahasia itu adalah :

  1. Sakit menjadi kebaikan bagi seorang muslim jika dia bersabar. Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda yang artinya.โ€œSungguh menakjubkan perkara seorang mukmin, sesungguhnya semua urusannya merupakan kebaikan, dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang mukmin. Jika dia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya, dan jika mendapat kesusahan, maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya.(HR. Muslim)
  2. Sakit akan menghapuskan dosa
    Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,”Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.(HR. Muslim)
  3. Sakit akan Membawa Keselamatan dari api neraka.
    Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda yang artinya. “Janganlah kamu mencaci maki penyakit demam, karena sesungguhnya (dengan penyakit itu) Allah akan mengahapuskan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tungku api menghilangkan kotoran-kotoran besi.(HR. Muslim)
  4. Sakit akan mengingatkan hamba atas kelalaiannya
    Allah taโ€™ala berfirman yang artinya,โ€œDan sesungguhnya Kami telah mengutus (para rasul) kepada umat-umat sebelummu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri.(QS. al-Anโ€™am: 42)
    Mari bangun sholat tahajud dan berdoa Semoga Allah menganugerahkan kepada kita keyakinan dan kesabaran yang akan meringankan segala musibah di dunia ini. Aamiin Allahumma Aamiin ูˆูŽ ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู. (P/wa/na)

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: