Monday, October 26, 2020

Pemandangan Berbeda Terlihat di Beberapa Perpustakaan Sekolah. Ada Apa yah?

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pemandangan berbeda terlihat di beberapa perpustakaan sekolah khususnya yang telah menerima program Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Makassar seperti di SMP Negeri 1 Makassar dan SD Inpres Paccerakang.

Mereka di jam-jam tertentu seperti di jam istirahat akan dilayani oleh temannya sendiri yang telah menjadi Duta Baca dan Pustakawan Cilik/ Remaja yang tentunya telah diberikan kepercayaan oleh Tenaga Perpustakaan.

Seru bukan… tentunya secara psikologis perpustakaan akan lebih dekat kepada mereka.

Dinas Perpustakaan Kota Makassar selaku pembina berbagai jenis perpustakaan yang berada di kota Makassar terus berupaya mendorong penyelenggara perpustakaan melakukan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca termasuk yang berada di perpustakaan sekolah.

“Apalagi peran perpustakaan sekolah sangat strategis sebagai peletak dasar menumbuhkan kegemaran membaca siswa sejak dini. Sekedar diketahui lebih 1/3 waktu anak-anak habis dilingkungan sekolah. Pengelolaan Perpustakaan yang kurang baik tentunya berimbas pada tingkat kunjungan siswa dan kemampuan membacanya yang pada akhirnya akan mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia,” terang Tulus Wulan Juni selaku pustakawan kota Makassar.

“Mari bersama-sama mewujudkan kegemaran membaca untuk generasi yang akan datang dengan menjadikan perpustakaan sekolah sebagai pusat kegiatan literasi siswa. Semua berawal dari membaca, semua berawal dari perpustakaan,” ajaknya. (FP)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Unibos Kukuhkan 537 Wisudawan, Orang Tua Saksikan Secara Daring

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Rektor Universitas Bosowa (Unibos) hari ini kukuhkan 537 Wisudawan yang dilakukan secara offline bagi para wisudawan dan online untuk...

Nelayan Terima Mesin Konversi BBM ke BBG

Pangkep, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Nelayan tangkap mendapatkan bantuan konverter dari mesin BBM ke bahan bakar gas (BBG). Ini merupakan bantuan Kementerian ESDM bekerjasama Komisi VII...

Kunjungan Kerja, Bupati Pangkep Resmikan SPBU

Pangkep, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, meresmikan secara langsung SPBU satu harga di Pulau Kalu - Kalukuang, Kecamatan Liukang Kalmas, Rabu (21/10).

Sehari Jelang Sertijab, Kadiskes Lantamal VI Makassar Berpamitan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sehari jelang Serah Terima Jabatan (Sertijab), Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Letkol Laut...

Vicon Bersama Tim Penilai Nasional Kemenpan RB, Lantamal VI Paparkan Evaluasi Perkembangan Pembangunan Zona Integritas

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Zona Integritas (ZI) Reformasi Birokrasi (RB) yang sedang dilaksanakan oleh Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) untuk menuju...

REKOMENDASI