Pengertian Recount text, Ciri, Struktur dan Tujuan

Recount text merupakan salah satu jenis teks narasi dalam bahasa Inggris. Berikut penjelasan lengkap mengenai pengertian Recount text, Ciri Recount text, Struktur Recount text dan Tujuan Recount text.

 

Pengertian Recount text

Recount Text adalah jenis teks yang berfokus pada penyampaian cerita atau peristiwa yang terjadi secara kronologis. Tujuan utama dari recount text adalah untuk menceritakan atau menggambarkan suatu peristiwa atau pengalaman yang sudah terjadi secara detail dan sistematis. Teks ini sering kali mengikuti urutan waktu dan menggambarkan peristiwa tersebut dari awal hingga akhir.

- Iklan -

 

Ciri-ciri Recount Text:

  1. Kronologis: Mengikuti urutan waktu peristiwa yang terjadi, mulai dari awal hingga akhir.
  2. Deskriptif: Memberikan deskripsi yang detail dan vivid tentang peristiwa, tempat, orang, atau objek yang terlibat.
  3. Past Tense: Menggunakan waktu lampau (past tense) karena recount text menggambarkan peristiwa yang sudah terjadi.
  4. Tema Umum atau Pribadi: Bisa menceritakan peristiwa umum yang dialami oleh banyak orang atau pengalaman pribadi penulis.
  5. Penggunaan Conjunctions: Menggunakan conjunctions seperti “then,” “after that,” “next,” dan “finally” untuk menggambarkan urutan langkah atau peristiwa.

Struktur Recount Text:

  1. Orientasi: Memperkenalkan latar belakang peristiwa, tempat, waktu, dan orang yang terlibat.
  2. Serangkaian Peristiwa: Menggambarkan peristiwa atau rangkaian kejadian secara kronologis.
  3. Evaluasi: Menyajikan evaluasi atau refleksi penulis terhadap peristiwa yang terjadi.
  4. Reorientasi: Merangkum atau menutup cerita dengan memberikan kesimpulan atau pesan yang diambil dari pengalaman tersebut.
Baca Juga:  Adverb, Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat Adverb

Tujuan Recount Text

Tujuan utama dari Recount Text adalah untuk menceritakan suatu peristiwa atau pengalaman secara kronologis dan detail. Di antara tujuan yang lebih spesifik adalah:

1. Membagi Pengalaman

- Iklan -

Recount text bertujuan untuk membagi pengalaman yang unik, menarik, atau bermakna dengan pembaca. Penulis ingin membawa pembaca ke dalam pengalaman tersebut, sehingga mereka dapat merasakan apa yang dirasakan penulis selama peristiwa tersebut berlangsung.

2. Memberikan Informasi yang Detail

Tujuan recount text adalah memberikan informasi yang detail dan jelas tentang peristiwa yang terjadi. Ini mencakup deskripsi tempat, waktu, orang-orang yang terlibat, kegiatan yang dilakukan, dan segala sesuatu yang relevan dengan pengalaman tersebut.

- Iklan -

3. Menyajikan Cerita Kronologis

Recount text bertujuan untuk menyajikan cerita atau peristiwa secara kronologis, mulai dari awal hingga akhir. Tujuannya adalah agar pembaca dapat mengikuti urutan peristiwa dengan baik dan memahami bagaimana cerita tersebut berkembang.

Baca Juga:  CONCESSIVE CLAUSE : Pengertian, Jenis dan fungsi

4. Memberikan Perspektif Pribadi

Recount text seringkali memberikan perspektif pribadi penulis terhadap peristiwa yang terjadi. Tujuannya adalah untuk memperkuat keterlibatan emosional pembaca dengan cerita dan membuatnya lebih relevan dan meyakinkan.

5. Menghibur atau Menginspirasi

Recount text dapat bertujuan untuk menghibur pembaca dengan cerita yang menggelitik atau lucu. Di sisi lain, mereka juga dapat menginspirasi pembaca dengan pengalaman yang penuh makna atau pelajaran yang dipetik dari peristiwa tersebut.

6. Membangun Keterampilan Menulis dan Komunikasi

Bagi penulis, tujuan recount text juga bisa menjadi latihan untuk membangun keterampilan menulis naratif dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Ini melibatkan kemampuan menyusun cerita dengan baik, mengembangkan detail yang relevan, dan menyampaikan pesan dengan jelas.

Dengan demikian, recount text memiliki beragam tujuan yang berkisar dari berbagi pengalaman hingga menghibur, menginspirasi, dan membangun keterampilan komunikasi. Tujuan akhirnya adalah memberikan pengalaman membaca yang memuaskan dan bermanfaat bagi pembaca.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian Recount text, Ciri Recount text, Struktur Recount text dan Tujuan Recount text.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU