Rabu, April 21, 2021

Pentingnya Mengetahui Bencana Ekologis dan Manajemen Resiko Bencana

Makassar, PENDIDIKANFAJAR.co.id– Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menggelar webinar virtual bertema, “Literasi Kebencanaan di Indonesia untuk Menangkal Mis-Disinformasi”  dengan menghadirkan,  Prof.Dr.Eng.Adi Maulana, ST.M.Phil. sebagai Kepala Pusat Studi Kebencanaan UNHAS, Nur Hidayati selaku Direktur Eksekutif Walhi Nasional,  Sinam Sutarno merupakan Ketua JRKI. Selasa (02/03).

Nur Hidayati menjelaskan, pentingnya mengetahui bencana ekologis dan manajemen resiko bencana serta kesigapsiagapan juga kerentangan terjadinya bencana dan dapat melihat kondisi bahaya dalam website.

“Melihat kondisi bahaya kerentangan dan juga resiko terjadinya bencana saya ambil contoh multi bahaya dan kita berada pada kondisi bahaya kemudian dalam website ini kita dapat melihat kondisi provinsi bahkan kabupaten dari bahaya bagaimana kerentangan ini juga kaitannya dengan kesigapsiagapan dan masyarakat dapat dowlnload aplikasibya di hp soal kerentanan kondisi iklim dari BMKG”

Selanjutnya ia juga mengungkapkan bahwa, bencana itu bukan azab atau ancapan lainnya tetapi merupakan konteks bencana ekologis atau disebut perbuatan dari manusia dan perubahan iklim.

“Menurut kami bencana bukan takdir, azab ataupun ancaman sesuatu yang begitu saja ada tapi juga dalam konteks bencana ekologis, situasi ancaman itu adalah buatan manusia dan kita mempunyai masalah kompleks antara kondisi geologis, kondisi ketidak seimbangan lingkungan ekologis akibat kerusakan lingkungan serta dampak krisis global”. Tutupnya.

Setelah itu, Sinam Sunarto melanjutkan webinar dengan pembahasan, fungsi penyiaran, penyiaran sebagai media informasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol, dan perekat sosial.(ZUL)

RAMADAN KEREN

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Polsek Urban Pitumpanua Kembali Bubarkan Balapan Liar

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Personil Polsek urban Pitumpanua bubarkan balapan liar dilaksanakan anak muda dikaluku desa lauwa kecamatan Pitumpanua dijalan Poros Sengkang-siwa, Selasa (20/4/2021).

Segar Buat Buka Puasa, Ini Resep Praktis Es Pisang Ijo yang Yummy!

Untuk mendapatkan adonan es pisang ijo yang mantap dengan rasa yang premium, lebih baik gunakan pewarna makanan alami seperti daun suji dan...

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 20 April 2021

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Jadwal buka puasa merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari rutinitas puasa bagi umat Islam. Umat Islam yang menyegerakan...

Keutamaan Pahala Berpuasa

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bulan Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari. Menurut ajaran islam, puasa di bulan Ramadan dapat...

Doa Buka Puasa yang Benar

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ...

REKOMENDASI