Perempuan Harus Berprestasi di Bidang Seni Beladiri

0
326
Riska Rafi, Atlet Judo cantik asal Bone yang mewakili kontingen Wajo di Pekan Olahraga Daerah 2018 di Kabupaten Pinrang

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Setelah mengikuti seleksi pra porda pada 10 Desember 2017 lalu, Riska berhasil menempati peringkat ketiga setelah bertarung mewakili Kabupaten Wajo dan menyingkirkan pesaingnya.

Berbagai prestasi yang diraih Riska Rafi melalui olahraga beladiri Judo, dimulai dari Pra Porda di kabupaten Pangkep pada tahun 2013. Namun dia hanya berhasil mendapat juara dua setelah dikalahkan Judoka dari kabupaten Pangkep di babak final.

Akan tetapi, semangat tidak terhenti sampai di situ dan ia kembali mengikuti pertandingan Porda Bantaeng pada 2014 dengan cabang olahraga yang sama. Namun ia hanya meraih medali perak.

Riska yang menggeluti olahraga beladiri Judo sejak masih duduk di bangku SMA kelas 1 hingga sekarang, meskipun setelah bertanding di Porda kabupaten Bantaeng 2014 lalu, ia sempat vakum beberapa tahun lantaran sibuk mengurus kuliah dan organisasi. Namun ia kembali fokus latihan di Gelanggang Olahraga (GOR) Aspol Panaikang menjelang Porda Pinrang.

BACA JUGA :   Tingkatkan Kreativitas, IGTKI Sinjai Gelar Lomba Menggambar

“Meski saya vakum beberapa tahun karena ada sedikit urusan akademik yang harus saya selesaikan di kampus dan setelah itu saya mendapatkan kesempatan untuk menggeluti hobi berolahraga beladiri Judo ini,” ungkap Chika sapaan akrabnya.

Menurutnya, Judo merupakan seni beladiri yang menggunakan tangan kosong yang banyak memberikan pelajaran dalam pertarungan. Dimulai dari teknik menyerang lawan dan bertahan dari serangan lawan itu harus diseimbangkan untuk menjatuhkan lawan.

“Mendalami olahraga beladiri Judo itu banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik, dimulai dari teknik bantingan atau menjatuhkan lawan yang khas dalam bertarung, di situ kita bisa ambil hikmahnya bahwa kita jatuh untuk bangkit lagi,” kata Chika.

Ia pun menambahkan jika bertarung dalam pertarungan beladiri Judo tentu dibutuhkan teknik dan fisik yang bagus serta mental yang kuat. Selain itu, percaya diri menjadi modal dasar utama yang harus dimiliki para Judoka untuk menaklukkan lawan tandingnya.

BACA JUGA :   Beri Edukasi dan Arahan, Polres Wajo Lakukan Pengaturan Lalu Lintas

“Soal olahraga beladiri bukan hanya laki-laki yang bisa berprestasi, dan perempuan bukan hanya pintar coret alis dan lipstik, tapi ia harus berprestasi di bidang seni beladiri,” pungkasnya.

Tentunya dia optimistis untuk meraih gelar juara di Porda Pinrang di cabang olahraga Judo demi membanggakan kedua orang tua dan mengharumkan nama kampusnya.

“Persoalan kalah dan menang itu Tuhan yang atur. Tapi bertarung dengan tampil yang terbaik itu yang perlu karena yang terbaik tentu sudah bisa membanggakan. Insya Allah saya beroptimis dan semangat untuk meraih gelar juara yang selama ini saya impikan,” harapnya.

Penulis: Ahadri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini