Profil dan Biodata Mamat Alkatiri, Komika yang Dilaporkan Brigitta Anggota DPR RI

Komika Mamat Alkatiri dilaporkan ke Polda Metro Jaya terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap anggota Komisi 1 DPR RI dan Fraksi Partai Nasdem, Hillari Brigitta Lasut, Senin (3/10/2022).

Dalam laporan itu, Mamat diduga mencemarkan nama baik Hillary ketika menghadiri acara talkshow di wilayah Jakarta Barat pada 1 Oktober 2022.

Ketika itu Mamat Alkatiri disebut melakukan roasting kepada Hillary Lasut dengan menggunakan kata-kata kasar dan tidak sopan sehingga berujung pada laporan polisi. Lantas siapa sebenarnya Mamat Alkatiri? Simak profil Mamat Alkatiri berikut ini.

Profil Mamat Alkatiri

Mohammed Yusran Farid Alkatiri atau dikenal Mamat Alkatiri lahir di Ambon, Maluku pada 24 Juni 1992 yang berarti kini berusia 30 tahun. Lelaki yang keturunan Arab dan Papua ini adalah pelawak tunggal alias stand up komedian serta aktor. Mamat Alkatiri pernah mengikuti kompetisi Stand Up Comedy season 7 (SUCI 7) yang ditayang oleh Kompas TV tahun 2017 dan keluar sebagai Runner Up.

- Advertisement -

Walau profesinya adalah komika serta aktor, Mamat Alkatiri punya latar belakang pendidikan sebagai dokter gigi. Ia menempuh pendidikan di bidang Kedokteran Gigi di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

BACA JUGA :   Wapres Puji Keterampilan Anak-anak Papua

Karier Mamat Alkatiri

Mamat Alkatiri mulai tertarik pada dunia komika sejak masuk komunitas Stand Up Indo Yogyakarta pada 2014. Mamat melanjutkan langkahnya dengan mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) Season 5 dan 6 tahun 2016. Ia berhasil mendapatkan golden ticket di audisi SUCI 6 tapi belum beruntung untuk lolos.

Setahun kemudian Mamat kembali mengikuti audisi yakni SUCI 7 di Surabaya. Ia pun kembali mendapatkan golden ticket bahkan lolos sebagai salah satu finalis.

Selain terjun sebagai stand up komedian, Mamat membintangi beberapa film di antaranya Terbang: Menembus Langit (2018), Laundry Show (2019), Yowis Ben 2 (2019), Kapal Goyang Kapten (2019), Dignite (2020), Pelukis Hantu (2020) dan Marriage (2021).Mamat juga terjun dalam series web seperti Cek Toko Sebelah: The Series (2018), Yowis Ben:The Series (2020) dan Imperfect The Series (2021).

Kronologi Hillary Brigitta Laporkan Mamat Alkatiri

Mamat dilaporkan soal dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jayapada Senin (3/10/2022). Laporan itu terdaftar dengan nomor LP/B/5054/X/SPKT/Polda Metro Jaya dengan pelapor seorang advokat bernama Muhammad Fauzan Rahawarin. Dalam laporan itu, orang yang menjadi korban adalah anggota Komisi I DPR Fraksi NasDem, Hillary Brigitta Lasut.

BACA JUGA :   HGN 2022, Pemerintah Ajak Guru Ciptakan Perubahan dan Kebaruan

Diduga Mamat Alkatiri melontarkan kata-kata penghinaan sehingga berujung pada laporan polisi. Dalam laporan tersebut Mamat dijerat dengan pasal 310 KUHP soal dugaan pencemaran nama baik.

“Yang bilang Anjing dan Tai bukan penghinaan coba aja kalo dia ngomong begini ke ibu atau anak kalian memang pejabat publik boleh di kritik. Tapi setau saya di Indonesia mo dia pejabat Publik mo dia Pembantu Rumah Tangga, tetap tidak boleh di Bully apalagi di Maki. Gausah bawa2 saya pejabat publik harus siap di kritik deh. Tai dan goblok bukan kritik. Itu BULLY DAN VERBAL HARRASMENT,” tulis Hillary di akun Instagram pribadinya, @hillarylasut disertai foto laporan polisi untuk Mamat.

Bagikan

BACA JUGA:

Hari Guru Nasional, Inilah Daftar Gaji Guru di Dunia

Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November di Indonesia. Momen tersebut setidaknya perlu diingat seiring besarnya peran serta jasa para guru yang bisa mencerdaskan...

Laman KIP Kuliah Telah Diperbaiki, Ayo Lengkapi Lagi Berkasnya

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memperbaiki sistem pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang sempat mengalami kendala saat pendaftar gagal memasukkan beberapa data...

Selamat! Desa Wisata Barania Sinjai Juara Pertama ADWI 2022

Sebagai salah satu desa di Indonesia yang masuk 50 besar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022, Desa Wisata (Dewi) Barania, Kecamatan Sinjai...

Nurdin Abdullah Resmi Divonis 5 Tahun Penjara, Hakim Cabut Hak Politik

Terdakwa Nurdin Abdullah divonis 5 tahun dan denda Rp 500 Juta terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Pemprov Sulsel. Bertempat di...

Mukhlis Latasi Banggakan Indonesia Usai Menangkan Kompetisi Internasional Puji Rasul

FAJARPENDIDIKAN.co,id- Muhkhlis Latasi banggakan Indonesia usai memenangkan kompetisi Internasional Puji Rasul yang berasal dari Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara,yang diselenggarakan saluran TV Iqro di Giza,...

POPULER

Enam Fokus Kebijakan Pemerintah pada APBN 2023

Presiden Joko Widodo menekankan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 akan difokuskan pada enam kebijakan. Pemerintah menyiapkan strategi besar untuk merespons tantangan...