- Advertisement -

Renungan Harian Katolik dan Bacaan Injil Hari ini Rabu 14 Desember 2022

Renungan Harian Katolik dan Bacaan Injil hari ini, Rabu 14 Desember 2022 berjudul: “Percayalah hanya kepada Yesus Kristus”

Renungan Harian Katolik dan Bacaan Injil hari ini dikutip dari halaman website thekatolik.com.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Umat Katolik pada hari Rabu ini memperingati Santo Yohanes dari Salib, Santo Venantius Fortunatus, Uskup dan Pengaku Iman, Santo Spiridion, Uskup dan Pengaku Iman

Pekan ini juga merupakan Pekan Adven ke-3. Liturgi yang digunakan berwarna Putih.

Bacaan Pertama terambil dari Injil Yesaya 45:6b-8.18.21b-25

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Firman Tuhan Bersabda:

(6B) Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain, (7) yang menjadikan terang dan menciptakan gelap, yang menjadikan nasib mujur dan menciptakan nasib malang; Akulah Tuhan yang membuat semuanya ini.

(8) Hai langit, teteskanlah keadilan dari atas, dan baiklah awan-awan mencurahkannya! Baiklah bumi membukakan diridan bertunaskan keselamatan, dan baiklah ditumbuhkannya keadilan! Akulah Tuhan yang menciptakan semuanya ini.”

(18) Sebab beginilah firman Tuhan, yang menciptakan langit, – Dialah Allah – yang membentuk bumi dan menjadikannya dan yang menegakkannya, – dan Ia menciptakannya bukan supaya kosong, tetapi Ia membentuknya untuk didiami –: ”Akulah Tuhan dan tidak ada yang lain.

(21B) Bukankah Aku, Tuhan? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku! (22) Berpalinglah kepada-Ku dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

(23) Demi Aku sendiri Aku telah bersumpah, dari mulut-Ku telah keluar kebenaran, suatu firman yang tidak dapat ditarik kembali: dan semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku, dan akan bersumpah setia dalam segala bahasa, (24) sambil berkata: Keadilan dan kekuatan hanya ada di dalam Tuhan. Semua orang yang telah bangkit amarahnya terhadap Dia akan datang kepada-Nya dan mendapat malu, (25) tetapi seluruh keturunan Israel akan nyata benar dan akan bermegah di dalam Tuhan.”

BACA JUGA:  Renungan Harian Katolik Minggu 15 Januari 2023: Pengenalan Diri Terhadap Orang Lain Jadi Salah Satu Aspek yang Teguhkan Relasi Interpersonal

Bacaan Injil pada hari Rabu terambil dari Injil Lukas 7:19-23

Firman Tuhan Bersabda:

(19) Katanya kepada orang itu: Dan engkau, kuasailah lima kota. (20) Dan hamba yang ketiga datang dan berkata: Tuan, inilah mina tuan, aku telah menyimpannya dalam sapu tangan.

(21) Sebab aku takut akan tuan, karena tuan adalah manusia yang keras; tuan mengambil apa yang tidak pernah tuan taruh dan tuan menuai apa yang tidak tuan tabur.

(22) Katanya kepada orang itu: Hai hamba yang jahat, aku akan menghakimi engkau menurut perkataanmu sendiri. Engkau sudah tahu bahwa aku adalah orang yang keras, yang mengambil apa yang tidak pernah aku taruh dan menuai apa yang tidak aku tabur.

(23) Jika demikian, mengapa uangku itu tidak kauberikan kepada orang yang menjalankan uang? Maka sekembaliku aku dapat mengambilnya serta dengan bunganya.

Demikianlah bunyi Injil Tuhan hari ini. Amin.

Renungan Katolik Hari Rabu 14 Desember 2022

Bacaan Injil pertama yang terambil dalam Kitab Injil Yesaya 45:6b-8.18.21b-25 menegaskan bahwa tidak ada yang lain selain Allah yang telah menciptakan langit dan bumi serta yang telah menyelamatkan umat manusia dari kebinasaan.

Dengan demikian, umat manusia sudah sepatutnya hanya taat kepada Allah dan tidak percaya kepada berhala.

BACA JUGA:  Bacaan Injil Katolik Hari Ini Senin 9 Januari 2023, Lengkap dengan Pengantar Injil

Tindakan penyelamatan di atas kayu salib yang dinubuatkan Allah melalui anaknya Yesus Kristus adalah bukti bahwa hanya Yesus yang dinantikan-nantikan oleh semua bangsa.

Saat dua orang murid Yohanes Pembaptis bertanya tentang: Apakah Yesus yang akan datang atau harus menanti seorang yang lain? Yesus kemudian menyuruh dua orang murid tersebut untuk menyampaikan kepada Yohanes Pembaptis tentang apa yang mereka telah lihat dan dengar.

Orang lumpuh bisa kembali berjalan, orang buta dapat kembali melihat, orang tuli dapat mendengar, orang kusta ditahirkan, kebangkitan orang mati dan untuk orang miskin diberitakan kabar sukacita.

Apa yang telah dinubuatkan Nabi Yesaya sesuai dengan jawaban Yesus tersebut. Sehingga ditegaskan kembali, hanya Yesus yang dinanti-nantikan bukan yang lain. Terlebih lagi kita yang memiliki iman Kristiani sudah jelas hanya Tuhan Yesus Kristus yang dinantikan.

Ironinya, masih ditemukan orang-orang yang belum mau mengakui dan masih menantikan sosok pemimpin lain yang akan membawa dunia ke dalam kedamaian dan kesejahteraan.

Maka tak heran bila masih ada orang yang menyembah kepada allah lain yang dipercayai dapat memberikan kelegaan atas masalah yang dihadapai.

Renungan dan bacaan injil hari ini, mau mengingatkan kepada kita sebagai orang yang memiliki iman Kristiani bahwa Sang Raja Maha Adil itu telah menebus semua umat manusia tidak terbatas pada kelompok-kelompok tertentu saja.

Oleh karena itu, jalan menuju keselamatan hanya ada di dalam Yesus Kristus yang telah turun ke dalam dunia untuk menyelamatkan umat manusia.

Bagikan

BACA JUGA:

Renungan Harian Katolik, Rabu 11 Mei 2022: Firman Yesus yang Menghakimi

Renungan Harian Katolik, Rabu 11 Mei 2022 berjudul: “Firman Yesus yang Menghakimi“. Renungan Harian Katolik, Rabu 11 Mei 2022 dikutip dari halaman website renunganlenterajiwa. Sebagai penulis...

Bacaan Injil Katolik Hari Ini Senin 28 November 2022, Lengkap dengan Pengantar Injil

Bacaan Injil Katolik hari ini Senin 28 November 2022 yang dilansir dari thekatolik.com lengkap dengan Mazmur Tanggapan, Bacaan Injil Katolik hari lengkap dengan bacaan...

Dzikir Pagi Pembuka Rezeki Baik Dilakukan Usai Sholat Subuh

Dzikir pagi pembuka rezeki baik dilakukan seusai sholat subuh adalah waktu yang mustajab bagi umat muslim untuk memanjatkan doa dan dzikir. Dzikir di waktu pagi...

Kalender Liturgi, Rabu 28 Desember 2022 Lengkap Bacaan Doa

Kalender Liturgi Hari Ini, Rabu, 28 Desember 2022, Kelender ini merupakan siklus waktu yang berlaku di gereja-gereja Kristiani. Berikut ini adalah kalender Liturgi hari...

Kalender Liturgi, Minggu 18 Desember 2022 Lengkap Bacaan Doa

Kalender Liturgi Hari Ini, Minggu 18 Desember 2022, Kelender ini merupakan siklus waktu yang berlaku di gereja-gereja Kristiani. Berikut ini adalah kalender Liturgi hari ini. Pada...

POPULER