Resep Bolu Kemojo, Enak dan Gurih

Kue Bolu Kemojo, kalau di daerah Bugis – Makassar, Sulawesi Selatan, disebut Bolu Kojo. Dan menjadi andalan bila ada pesta kawinan, hakikah serta lainnya.

Kue ini bernilai “kue ningrat” di daerah Bugis – Makassar atau warga Bugis – Makassar di perantauan. Kue ini tidak pernah ketinggalan disajikan dan menjadi kue favorit. Karena enaknya, sehingga semua orang menyukainya.

Dengan resep Indah Ratna Sari ini, pembuatannya cukup simpel dan bahannya juga sedikit sekadar untuk camilan di rumah. Tapi hanya dengan satu resep kecil dan 3 butir telur, bisa menghasilkan 3 loyang Bolu Kemojo. Hasilnya lembut, enak, rasa pandannnya kental, gurih dan kulit luarnya garing. Berikut resepnya.

- Iklan -

Bahan Bolu Kemojo:

-3 butir telur

Baca Juga:  Resep Ayam Kentucky, Krispi dan Renyah

-300 gram santan

-300 gram gula pasir

- Iklan -

-200 -250 gram tepung terigu

-1 sendok teh vanilla

-5 – 7 lembar daun pandan, diblender dan peras airnya hingga menjadi 250 ml

- Iklan -

-sedikit garam

Cara Membuat Bolu Kemojo:

  1. Kocok tiga butir telur utuh. Kemudian masukkan 300 gram gula pasir. Atau bisa disesuaikan manisnya kalau mau dikurangi. Lalu kocok lagi hingga gula pasirnya sedikit larut.
  2. Jika sudah seperti itu, masukkan santan kental 300 gram. Selanjutnya masukkan air pandan 250 ml, kemudian aduk lagi.
  3. Setelah itu, masukkan tepung terigu. Sesuaikan, jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental, hasilnya bisa bantet, dan Bolu Kemojonya bisa keras. Makanya tuangkan terigunya sedikit demi sedikit. Sambil diaduk-aduk, dari 200 – 250 gram.
  4. Kocok pelan-pelan adonan lalu tambahkan 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok teh vanilla ekstrak, aduk lagi hingga tercampur rata, lalu saring.
  5. Panaskan cetakan. Namun sebelum menuangkan adonan, olesi dulu cetakan dengan minyak. Setelah minyaknya panas, baru kemudian menuangkan adonan. Lalu panggang dengan api kecil. Jangan apinya besar, karena nanti Bolu Kemojonya gosong.
  6. Tuangkan adonan sekitar 3 sendok sayur. Lalu tutup cetakannya dan alasi tutupnya dengan kain agar uapnya tidak menetes jatuh ke kue. Tunggu sekitar 20 menit matang.
  7. Setelah matang, angkat cetakan, namun jangan dibalik. Hentak-hentakkan cetakan, agar kuenya longgar dikeluarkan.
Baca Juga:  Resep Cimol Kentang, Mudah dan Lezat

Selamat mencoba. (ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU