Resep Bolu Kukus, Mudah Bikinnya

Bikin kue bolu tidak selamanya harus dipanggang. Bisa juga dengan cara dikukus. Seperti resep berikut ini. Rasanya enak dan aromanya menggoda. Tekstunya lembut dan empuk.

Lalu mudah proses bikinnya. Tidak pakai dipanggang yang menggunakan oven, yang bikin ribet. Cukup dikukus. Dalam waktu 30 menit, bolu kukus siap disantap.

Bahan Bolu Kukus:

– 5 butir telur
– 1 sdt SP
– 150:gram gula pasir
– 150 gram tepung terigu protein sedang, atau sekitar 18,5 sdm
– 1/2 sdt garam
– 40 ml susu kental manis
– 130 ml santan instant
– 1 sdt pasta vanilla
– 100 ml minyak goreng
– 1 sdt pasta durian
– 3 tetes pewarna kuning tua

Cara Membuat Bolu Kukus:

  1. Siapkan wadah kering dan bersih. Masukkan telur, SP sebsgai pengembang adonan kue boleh diganti dengan TBM atau ovalet, gula pasir atau 15 sendok makan. Mixer dimulai dengan kecepatan rendah ke kecepatan tinggi. Mixer hingga mengembang, berwarna putih kental dan berjejak, sekitsr 10 menit. Atau menyesuaikan mixer masing-masing.
  2. Masukkan tepung terigu sambil diayak campurkan garam. Sebelum dimixer, aduk pelan agar tepungnya tidak beterbangan, lalu mixer dengan kecepatan paling rendah, sebentar saja sekitsr 15 detik. Sebab bila kelamaan, adonannya bisa kempes. Bila sudah dirasa agak berat hentikan mixer. Aduk lagi dengan teknik dari bawah ke atas, agar benar benar tercampur rata. Tuangkan susu kental mani aduk rata lagi. Tuangkan santan, pasta vanilla, bisa diganti dengan vanili bubuk. Aduk lagi adonan dengan teknik, dari bawah ke atas, tuangkan minyak goreng aduk dari bawah ke atas.
  3. Sediakan satu wadah bersih dan kering. Bagi dua adonan. Adonan pertama, tambahksn pasta durian atau sesuai selera, tetesi pewarna kuning tua, aduk pelsn pelan hingga warnanya tercamput rata.
  4. Siapkan loyang ukuran diameter 24 cm, tinggi 7 cm. Olesi denhan mentega atau butter, lalu taburi tepung terigu, merata di dalam loyang. Tuang adonan dua centong secara beergantian, lakukan hingga semuanya tertuang kecdalam loyang. Hentak hentakkan loyang, agar udaranya keluar. Masukkan loyang ke dalam kukusan yang airnya mendidih. Khusus delama 30 menit, lalu angkat dan keluarkan dari loyang, iris-iris, bolu kukus siap disantap. (VS/ana)
Baca Juga:  Resep Tongkol Rica-rica, Tanpa Daging pun Jadi
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU