Monday, May 25, 2020

SDN Kompleks Sambung Jawa Makassar Serius Kembangkan Literasi di Sekolah

- Advertisement -

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Kepala SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kota Makassar, Fahmawati mengungkapkan keseriusannya untuk mengembangkan kegiatan literasi di sekolah khususnya ingin menghadirkan perpustakaan sekolah sesuai dengan standar.

Hal itu disampaikan saat menerima kunjungan Tim Sentuh Pustaka Dinas Perpustakaan Makassar, Selasa (25/02).

“Kelas kami semua telah memiliki sudut baca kelas sisa pembenahan gedung perpustakaan sekolah, mohon dibantu dengan program sentuh pustaka,” harapnya.

Tim Sentuh Pustaka yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pengembangan Perpustakaan dan Tenaga Perpustakaan, Andika Cahyadi didampingi Pustakawan mensurvey langsung gedung perpustakaan yang akan dilakukan penataan dalam program Sentuh Pustaka bulan Maret mendatang.

Tahun ini, Dinas Perpustakaan Kota Makassar menargetkan 10 titik lokasi untuk Sentuh Pustaka dari puluhan permintaan dari sekolah.

Perpustakaan sekolah yang siap, minimal dapat menyediakan empat area yakni area baca, area koleksi bacaan umum, area pengolahan dan buku paket serta area multimedia yang akan diberikan lebih dulu program Sentuh Pustaka.

“Sedangkan Sekolah yang belum siap dilakukan pembinaan seperti biasa sambil menunggu persiapan sarananya,” terang Andika Cahyadi.

Sejak tahun 2016 sampai Sekarang SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Makassar telah melaksanakan kegiatan literasi di sekolah seperti membaca bersama di lapangan 15 menit, membuat galon baca depan kelas (1 Galon Baca tiap Kelas), membaca sambil menceritakan yang dilakukan setiap pekan, membuat geng baca hingga menghadirkan sudut baca kelas di semua kelas yang melibatkan guru kelas.

Seluruh guru terlihat sangat antusias dan bersemangat menghadirkan sudut baca yang menarik dan yang lebih unik seluruh konsep sudut baca ini menggunakan daur ulang sampah plastik.

SDN Kompleks Sambung Jawa yang merupakan sekolah model, Sekolah Adiwiyata dan juga Sekolah Ramah Anak ini telah membuat program sesuai harinya.

Senin Patriot, Selasa Literasi, Rabu Sarapan Sehat, Kamis Bersih, Jum’at Ibadah dan Sabtu-Minggu adalah hari Bahagia bersama keluarga (Libur).

Setiap kelas pun diberi sebutan nama-nama pahlawan sehingga anak-anak pun tidak akan lupa dengan sejarah dan pahlawannya.

Keseriusan Kepala Sekolah mengembangkan kegiatan Literasi di sekolahnya ini patut dicontoh di sekolah lainnya.(FP)

- Advertisement -

TERKINI

Toleransi Beragama Di Pos Covid-19 Rumdis TNI AL Lantamal VI Dewakang B1

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Toleransi dan Wujud kerukunan terkadang berawal dari hal-hal sederhana, dan mudah ditemui di sekitar kita. Salah satunya dicontohkan oleh...

Danlantamal VI Bersama Forkopimda Sulsel Tinjau Pospam Ketupat 2020 Dan Monitoring Sitkamtibnas di Kota Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas bersama Forkopimda Sulsel meninjau kesiap siagaan Pos Pengamanan...

Pos Covid-19 Kompleks TNI AL Lantamal VI Dewakang B1 Spontan Edukasi Penggunaan Masker Kepada Anak-anak

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pos Covid-19 Kompleks TNI AL Lantamal VI Dewakang B1 Lantamal VI spontan memberikan edukasi budaya hidup sehat menggunakan masker...

FH Unhas Bahas Kedaulatan Pangan di Masa Pandemi Bersama Menteri Pertanian RI

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (FH Unhas) menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Menjaga Kedaulatan Pangan di Masa Pandemi”.

REKOMENDASI