Sebab Terjadinya Penuaan Dini di Wajah

Penuaan dini tidak hanya terjadi pada wajah, juga bisa terjadi pada tubuh secara keseluruhan. Hanya saja, yang langsung terlihat adalah wajah.

Penuaan dini pada tubuh, kelihatan tubuh tidak segar. Jalannnya sudah agak membungkuk, yang biasanya, dada membusung.

Tubuh sudah mulai terasa lebih pendek. Kulit tubuh terasa agak kering. Demikian yang terjadi pada wajah. Dan masih ada lagi yang lainnya.

- Iklan -

Cuma penuaan dini pada tubuh, masih bisa ditutupi.  Karena dibalut dengan baju dan celana. Sehingga tidak kelihatan. Tapi wajah? Tidak bisa ditutupi.

Kecuali bagi wanita Muslimah, bisa menutupinya dengan menggunakan cadar. Apakah Muslimah bercadar, menutupi wajahnya karena ada masalah?

Jangan kita berprasangka buruk seperti itu. Mungkin ada juga yang seperti itu. Tetapi kita harus berprasangka baik. Bukan karena hal tersebut. Mereka bercadar karena faktor iman. Ada juga yang bertujuan melindungi wajah dari sengatan sinar matahari, melindungi hidung dari debu.

- Iklan -
Baca Juga:  Manfaat Pendidikan Seks Bagi Anak dan Remaja

Apa bedanya dengan yang memakai masker, juga tujuannya seperti itu, melindungi wajah dan hidung dari serangan bibit-bibit penyakit.

Berdampak Pada Organ Lain

Penuaan dini, tidak hanya terjadi pada wajah lalu menurun pada tubuh.Tetapi juga berdampak pada organ tubuh lainnya.

- Iklan -

Sebaliknya, penyakit yang menyerang salah satu organ tubuh, itu juga bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Tanda penuaan dini yang paling terlihat adalah perubahan pada tekstur kulit. Seperti munculnya garis-garis halus pada wajah. Seperti keriput.

Kulit wajah terasa kering, yang ini, harus diantisipasi juga. Jangan dianggap remeh. Sebab hal ini pun akan memicu terjadinya penuaan dini. Hal itu diawali dengan munculnya kulit kusam, jerawat, flek-flek di wajah. Bahkan pada kulit tubuh.

Baca Juga:  10 Keterampilan Seks yang Harus Dimiliki Pria

Salah satu juga penyebab penuaan dini pada wajah adalah paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari secara berlebih. Sehingga dapat menimbulkan dampak secara negatif pada kulit. Seperti kulit akan lebih mudah untuk munculnya kerutan atau keriput. Serta bintik-bintik hitam.

Bisa dibuktikan terhadap orang yang mengidap penyakit meskipun usianya masih terbilang muda, wajahnya nampak menua. Itu karena berjuang melawan penyakitnya.

Makanya, sangat penting merawat dan memelihara kesehatan. Jaga pola hidup sehat, beri asupan yang bergizi.

Penyebab penuaan dini yang paling gampang diketahui, bahkan sudah dipahami selama ini, adalah makan makanan yang tidak sehat, sering begadang, jarang mengonsumsi buah, jarang minum air, terlalu lama berjemur tanpa menggunakan sunscreen, kurang tidur, terlalu banyak kerja dan beban ekonomi. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU