Segera Daftar! Ini 7 Beasiswa Penuh S1-S3 2022

FAJAR Pendidikan

Populer

Mau kuliah di luar negeri tetapi terkendala biaya? Kini kesempatan untuk menimba ilmu dengan beasiswa pendidikan ke luar negeri semakin terbuka lebar bagi generasi muda, termasuk para pelajar Indonesia.

Program beasiswa yang diberikan mulai jenjang SMA sederajat, S1, S2, hingga S3. Berikut sejumlah program beasiswa ke luar negeri yang memberikan beasiswa penuh, dilansir dari Bimbingan Studi ke Luar Negeri Schoters Indonesia.

  1. Global Korea Scholarship (KGSP)

- Advertisement -

Korean Government Scholarship Program (KGSP) adalah beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Korea Selatan untuk para pelajar internasional. Dirilis dari laman resminya, KGSP menyediakan beasiswa untuk jenjang S1, S2, dan Penelitian untuk Dosen Pasca Doktoral.

Beasiswa yang diberikan mencakup biaya kuliah, tiket pesawat, biaya hidup, biaya penelitian, tunjangan kemampuan berbahasa Korea, biaya pelatihan bahasa Korea, asuransi kesehatan, biaya pencetakan tesis atau disertasi, dan tunjangan persiapan kembali ke negara asal.

Batas waktu pendaftaran sekitar September-Oktober 2022. Info selengkapnya: https://www.studyinkorea.go.kr/in/main.do

  1. Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

UNIST didirikan pada 2009, yang telah menjadi salah satu universitas sains dan teknologi terkemuka di dunia. Beasiswa UNIST diberikan untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Korea Selatan. Namun, pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar satu program saja.

Peserta yang lulus akan diberikan beasiswa biaya kuliah penuh menyangkut biaya transportasi (tiket pesawat), asuransi kesehatan, biaya uang kuliah dan uang pendaftaran, uang saku bulanan dan uang saku kedatangan, bantuan biaya kursus bahasa, penelitian, dan pencetakan tesis, serta bonus untuk kelulusan dan profisiensi bahasa Korea.

Batas waktu pendaftaran pada 13 Oktober 2022. Info selengkapnya: https://admg-intl.unist.ac.kr/study-at-unist/scholarships/

  1. Gwangju Institute of Science and Technology (GIST)

Program beasiswa GIST diberikan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Korea Selatan. Gelar S2 yang ditawarkan adalah Master of Science (MS) dan gelar S3 Doctor of Philosophy (PhD).

BACA JUGA :   Daftar 7 Beasiswa S1 hingga S3, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Beasiswa yang diberikan meliputi bantuan biaya kuliah, uang saku bulanan, biaya transportasi ke Korea, akomodasi di asrama kampus, bantuan biaya asuransi kesehatan, dan dana penelitian. Persyaratan umum bagi peserta yang berminat yakni telah lulus di jenjang sebelumnya dengan IPK minimal 3.0, melampirkan dua surat rekomendasi, TOEFL iBT minimal 80 dan IELTS 6,5.

Batas waktu pendaftaran pada 13 Oktober 2022. Informasi lengkap bisa dibaca di laman https://www.gist.ac.kr/iadm/

  1. Monash International Leadership Scholarship

Monash University merupakan salah satu universitas yang memiliki kualitas pendidikan ternama di dunia. Universitas ini memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa S1 dan S2 berprestasi untuk menimba ilmu di universitas Monas Australia.

Bagi peserta yang lulus, akan diberikan beasiswa biaya kuliah penuh. Kriteria umum bagi calon peserta dilihat berdasarkan prestasi akademik, pernyataan motivasi mendapat beasiswa, dan besarnya potensi mereka menjadi duta Monash University.

Batas waktu pendaftaran pada 15 Oktober 2022. Informasi lengkap bisa dibaca di laman: https://www.monash.edu

  1. Jardine Scholarship

Jardine Foundation didirikan pada 1982 saat peringatan 150 tahun Grup Jardine Matheson. Sejak didirikan, yayasan tersebut telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dari Kamboja, Tiongkok, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Untuk tahun 2023, yayasan ini memberikan beasiswa penuh bagi pelajar Asia, termasuk Indonesia, untuk melanjutkan kuliah S1 di kampus terbaik Inggris yaitu Oxford University dan Cambridge University.

Bagi peserta yang lulus akan menerima beasiswa penuh yang mencakup biaya kuliah yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi, biaya buku dan peralatan, tunjangan tahunan yang mencakup biaya asrama, biaya hidup dan biaya tak terduga lainnya, biaya tiket pesawat pulang pergi ke universitas tujuan di awal dan di akhir beasiswa, dan biaya UK Immigration Health Surcharge.

Batas waktu pendaftaran pada 21 Oktober 2022. Informasi lengkap bisa dibaca di laman: https://www.jardines.com/en

  1. Klalifa University Scholarship (KU)

KU membuka program beasiswa bagi mahasiswa yang ingin menlanjutkan studi S2 dan S3 di Khalifa University, Abu Dhabi. Untuk rogram KU Medical Scholarship, mahasiswa yang boleh mendaftar adalah mahasiswa yang mendaftar program S3 bergelar Doctor of Medicine (MD) di Khalifa University.

BACA JUGA :   Daftar 7 Beasiswa S1 hingga S3, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

Sementara itu, untuk program Graduate Research/Teaching Scholarship, mahasiswa yang boleh mendaftar adalah mahasiswa yang tidak berkewarganegaraan Uni Emirat Arab yang akan mendaftar program dengan gelar S2 atau S3 yang disediakan di Khalifa University. Cakupan beasiswa yang diperoleh tergantung pada program beasiswa yang dipilih.

Untuk program beasiswa KU Medical Scholarship, biaya yang ditanggung yakni biaya uang kuliah, uang saku bulanan (tergantung kewarganegaraan pendaftar), akomodasi di asrama Universitas, bantuan dana untuk menghadiri acara edukasi yang diadakan secara nasional maupun internasional, dan buku yang disediakan oleh pihak Universitas.

Untuk program Graduate Research/Teaching Scholarship, biaya yang ditanggung oleh pemberi beasiswa yakni biaya uang kuliah, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, akomodasi di asrama Universitas, biaya transportasi, dan bantuan dana untuk menghadiri konferensi penelitian internasional.

Batas pendaftaran pada 23 Oktober 2022. Informasi lengkap bisa dibaca di laman: https://www.ku.ac.ae/scholarships

  1. INPEX Scholarship

INPEX Scholarship Foundation merupakan program non profit yang diprakarsai oleh INPEX Coorporation. Yayasan ini memberikan program beasiswa yang merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Jepang dan Indonesia, dengan tujuan menjalin hubungan baik negara dan pengenalan budaya.

Bagi mahasiswa S1 dari jurusan ilmu alam atau sains dapat melanjutkan studi S2 di Jepang dengan mengambil beasiswa ini. Perlu diketahui bahwa penerima beasiswa INPEX sangat minim, tidak lebih dari tiga orang setiap tahunnya.

Cakupan beasiswa ini menanggung semua biaya kuliah yang dibutuhkan, termasuk biaya hidup bulanan, biaya kesehatan, transportasi, akses internet, buku, tiket pesawat, tunjangan kedatangan, dan asuransi kecelakaan.

Batas pendaftaran pada 31 Oktober 2022. Informasi lengkap bisa dibaca di laman: https://www.inpex-s.com/en/

- Advertisement -

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI UNTUK ANDA

- Advertisement -

Terkini