Sehat dan Cantik, Ini 9 Manfaat Konsumsi Alpukat

FAJAR Pendidikan

Alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki segudang manfaat. Buah ini mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin E, vitamin B, dan asam folat yang baik bagi kesehatan.

Berbagai nutrisi yang ada di dalam Alpukat tersebut dipercaya dapat melindungi mata, menambah energi, memperkuat tulang, meningkatkan mood bahkan menurunkan berat badan. Tak hanya itu saja, alpukat dapat mengatasi beberapa jenis penyakit, seperti kanker dan juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Alpukat bahkan telah menjadi makanan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Maka tak heran, resep olahan alpukat kini semakin diminati dengan beragam khasiatnya namun mudah untuk dibuat secara sederhana di rumah, salah satunya jus.

Jus buah Alpukat baik dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia, mulai anak-anak, orang dewasa, hingga lanjut usia (lansia). Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, jus alpukat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan minuman ini kerap dijadikan salah satu menu diet sehat bagi mereka yang berhasrat menurunkan berat badan.

Masih banyak lagi manfaat jus alpukat untuk kesehatan tubuh, rambut, maupun kecantikan kulit. Berikut adalah manfaat mengonsumsi jus alpukat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan.

Tambah Energi

Mengapa buah alpukat sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet? Ini karena terdapat energi sebesar 85 kkal dalam 10 gram alpukat. Selain itu, alpukat mengandung serat tinggi, sehingga membuat kamu akan merasa kenyang seharian.

Turunkan Kolesterol

Alpukat adalah salah satu buah yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Ini dikarenakan alpukat memiliki senyawa yang disebut sebagai beta-sitosterol. Di mana kolesterol dari makanan yang Anda makan dapat berkurang karena senyawa ini. Dengan berkurangnya kolesterol, maka akan mengurangi risiko sakit jantung dan menurunkan berat badan.

BACA JUGA :   Terapi Buah, Bisa Menghilangkan Racun di Dalam Tubuh

Kulit Mulus

Tahukah Anda bila tidak hanya baik untuk dikonsumsi, alpukat juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Kamu bisa menghaluskannya untuk dijadikan sebagai scrub.

Untuk membuat scrub dari alpukat, haluskan alpukat bersama lemon dan oatmeal. Oleskan campuran ini ke seluruh tubuh. Sambil digosok, pijatlah tubuh selama 20 hingga 25 menit, kemudian biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan mandi air panas. Kandungan vitamin e dalam alpukat akan menjaga kelembapan kulit dan membuat kulit menjadi semakin lembut.

Cegah Cacat pada Janin

Walaupun alpukat mengandung 20 hingga 30 kali jumlah lemak yang lebih banyak dibandingkan buah lain, namun yang terkandung adalah lemak baik. Selain itu, alpukat juga kaya akan kandungan folat.

Inilah yang membuat buah ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Di mana zat-zat dan gizi pada alpukat bermanfaat untuk pertumbuhan janin. Jadi, jika kamu ingin janin dalam kandungan sehat, buah ini bisa jadi pilihan yang tepat dan rasanya tentu tidak dapat ditolak.

Jaga Kesehatan Mata

Dalam alpukat, selain terdapat kandungan seperti magnesium, kalium, lemak sehat, karbohidrat, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin K1, pada 1 porsi buah alpukat ternyata juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Di mana semua kandungan itu sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Bahkan, ada penelitian yang mengatakan bila dengan mengonsumsi buah alpukat sebanyak 81 mikrogram lutein dapat membantu mata agar terlindungi dari berbagai gangguan yang akan menyerang ketika tua, seperti katarak.

Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi jus alpukat secara rutin sebanyak satu buah sehari terbukti mengurangi risiko penyakit jantung. Fakta tersebut diungkap oleh sekelompok ilmuwan dari Pennsylvania State University dalam Journal of Nutrition.

BACA JUGA :   Bahaya Sering Tidur Siang Dapat Sebabkan Strok, Berikut Penjelasan Para Ahli

Subjek penelitian melakukan aktivitas makan terkontrol secara acak. Peneliti menyimpulkan, makan satu alpukat sehari dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih rendah pada orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Studi menemukan bahwa alpukat membantu mengurangi partikel kolesterol LDL (low-density lipoprotein) yang telah teroksidasi.

Turunkan Berat Badan

Konsumsi jus alpukat dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa orang yang makan alpukat sebagai makanan pokok merasa 23 persen lebih puas dan memiliki keinginan makan 28 persen lebih rendah dalam lima jam ke depan dibandingkan orang yang tidak makan alpukat.

Hal tersebut dapat membantu untuk menjaga tubuh agar kenyang lebih lama sekaligus menahan nafsu makan berlebih sehingga alpukat mampu menurunkan berat badan.

Tingkatkan Daya Ingat dan Kesehatan Otak

Jus alpukat kaya akan asam oleat (OEA), yaitu asam lemak omega-9 yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan kognitif. Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences Amerika Serikat menemukan bahwa jenis asam lemak omega-9 dalam alpukat dapat meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak.

Bantu Mencegah Kanker

Buah alpukat mengandung sejumlah senyawa yang mampu mencegah kanker. Menurut studi Dreher dan Davenport dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition, alpukat mengandung sejumlah fitokimia bioaktif termasuk: Karotenoid. Terpenoid. D-mannoheptulose. Persenon A dan B. Fenol. Glutathione.

Senyawa tersebut dilaporkan memiliki sifat anti-karsinogenik. Fitokimia yang diekstraksi dari buah alpukat secara selektif menginduksi penghentian siklus sel, menghambat pertumbuhan, dan menginduksi kematian pada sel kanker. (*)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI