Sejarah Bola Basket

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Sejarah Bola Basket. Meliputi dari pengertian, peraturan, teknik, cara, induk organisai, perkembangan, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Bola basket, merupakan pendidikan yang bersifat jasmani yang ingin bermain sehingga permainan tersebut harus dapat mencakup dengan koordinasi dari mata dan tangan.

Pengertian Bola Basket

Bola basket merupakan cabang olahraga dengan permainannya menggunakan bola yang dimainkan secara berkelompok dan memiliki anggota sebanyak lima orang pemain dalam satu tim.

- Iklan -

Bola basket ini dapat dimainkan dalam ruang tertutup atau pada rungan yang terbuka sehingga untuk memainkannya dapat dengan mudah maka permainan ini terbilang jauh lebih kompetitif dengan gerakan begitu cepat.

Permainan bola basket dapat dengan mudah berkembang karena semakin inovatif dengan memiliki strategi dari permainan dan semakin mudah memaksimalkan kerja anggota badan.

Sejarah Bola Basket

Kisah bola basket dapat dimulai pada saat 1891 dari guru Pendidikan Jasmani dari kanada yang bernama James Naismit yang harus membuat olahraga pada atas ring untuk menjadi olahraga yang alternatif.

- Iklan -

Berikut dua macam sejarah bola basket di antaranya :

A. Sejarah Bola Basket di Dunia

Pada tahun tanggal 11 Desember 1892 seorang yang ahli di bidang olahraga yang berasal dari Kanada telah berhasil menciptakan suatu jenis permainan olahraga yaitu permainan basket.

Baca Juga:  Apakah Setelah Jadi Kupu-kupu, Kembali ke Tempat Asalnya?

Dengan demikian pada penemuan ini adalah cabang olahraga yang tidak disengaja oleh seseorang yang membuat suatu permainan di ruangan yang terbuka ini dapat mengisi waktu luang para pemainnya.

- Iklan -

Sebuah organisasi pemuda New England bahwa permainan bola basket ini akan dapat terinspirasi dari masa kecil di Ontario sehingga dapat dianggap kurang menarik dalam permainan ini.

Setelah itu pada tanggal 20 Januari 189o pertandingan bola basket dapat resmi hingga diselenggarakan dalam bentik perlombaan yang sangat di gemari dari berbagai kalangan rema.

Pertandingan tersebut telah berhasil menjadikan permainan bola basket ini sebagai permainan yang memiliki beberapa peraturan-peraturan dasar sehingga dapat dengan mudah melakukan permainan tersebut.

B. Sejarah Bola Basket di Indonesia

Sejarah permainan bola basket yang terdapat di Indonesia berawalnya dari kedatangan pedagang dari Cina yang telah menjuara jenis bola basket setelah menjelang kemerdekaan.

Hingga pada masa itu berdiri beberapa klub di kota-kota besar Indonesia yakni seperti Jakarta bandung , surabaya dan Semarang sehingga berkembang lagi pada tingkat provinsi yang memiliki anggota jauh lebih banyak untuk menempuh pendidikan sekolah bola basket.

Baca Juga:  10 Dampak Pemanasan Global yang Paling Terasa Saat Ini

Dengan Indonesia pertama kali menggelar perlombaan Olahraga dari tingkat Nasional pada tahun 1949 pada kota Solo dalam daftar pertandingan tingkat nasional.

Meskipun pada saat itu tim Indonesia belum banyak pemainnya hanya saja memiliki beberapa pemain yang andal dalam membawa juara pada peringkat ke-3 dalam ajang perlombaan tersebut. dan dapat mengharumkan nama baik Indonesia.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan Indonesia memiliki Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia yang  kemudian menjadi sebuah Organisasi yang sangat besar dalam perlombaan Bola Basket di Indonesia.

Lahirnya Liga Basket NBA

Setelah bola basket mulai dikenal luas dari penjuru dunia maka pada 6 Juni 1946 telah lahir kompetisi bola basket yang ternama asal Amerika adalah ajang National Basketball Association NBA.

Banyak referensi sejarah menemukan permainan bola basket pada tahun 1892 tetapi permainan ini langsung dimainkan dengan bola yang khusus sehingga dapat ditemukannya ajang perlombaan NBA dalam tingkat internasional dan sekarang telah berkembang dengan melewati perkembangan zaman yang modern.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU