Kamis, Februari 25, 2021

SMAN 3 Wajo Raih Segudang Prestasi di Masa Pandemi Covid-19

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Menggantung asa dan pantang menyerah demi prestasi adalah keniscayaan. Inilah sebuah kalimat yang patut diberikan kepada segenap civitas akademi SMA Negeri 3 Wajo, di tengah kian menyeruaknya isu pandemi covid-19 yang melanda dan menggerogoti bangsa Indonesia, tanpa terkecuali di Kabupaten Wajo pada khususnya.

Ancaman pandemi Covid-19 yang mendera, tidaklah menjadi penghalang bagi segenap Civitas Akademi SMA Negeri 3 Wajo untuk terus menggapai asa, meraih dan menorehkan prestasi.

Sepertinya mereka enggan ketinggalan dan kalah prestasi dengan para senior pendahulu mereka yang telah meninggalkan seabrek prestasi dan penghargaan yang telah mereka ukir dan wariskan.

Ada yang unik dan mencengangkan di SMA Negeri 3 Wajo tersebut, yaitu para civitas akademia selalu haus dengan prestasi. Jadi, tidaklah mengherankan kalau SMA Negeri 3 Wajo tidak pernah sepi dari penghargaan dan prestasi.

“Semua lomba dan kegiatan yang mengikutsertakan siswa SMA sederajat, baik di tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional selalu berpartisipasi di dalamnya. Uniknya ada saja juara yang mereka sabet. Lomba dan juara sudah merupakan tradisi positif bagi civitas akademi SMA Negeri 3 Wajo dari generasi ke generasi. Atas tradisi dan energi positif inilah yang membuat para civitas senantiasa terdorong untuk terlibat dalam segala event. Mereka tak peduli dengan tantangan menghadang, mereka tak menyerah, sekalipun Pandemi Corona mengancam keselamatan jiwa mereka,”ungkap Rosdiana selaku Kepala Sekolah

Berkat kecerdasan dan kedisiplinan mereka mematuhi protokol kesehatan (prokes), Alhamdulillah sampai saat ini belum ada satupun para civitas akademi SMA Negeri 3 Wajo yang terinfeksi dan terkontaminasi dengan Covid-19. Semoga tidak terjadi.

Tentu kesuksesan para civitas akademi SMA Negeri 3 Wajo bukan saja atas kegigihan mereka berjuang, melainkan tidak terlepas dari dukungan para Pembina, terutama dari wakasek kesiswaan dan para pembina OSIS, terlebih dukungan moral dari seorang Kepala UPT SMA Negeri 3 Wajo Hj.Rosdiana, S.Pd., M.Si., yang tak henti-hentinya memberi support dan petunjuk sebagai bekal para civitas dalam mengikuti setiap event lomba, bahkan beliau tak segan-segan mengucurkan dana untuk membiayai dan menyuport para civitas mengikuti berbagai lomba dan kegiatan tersebut.

Dengan harapan bekal dari berbagai lomba dan kegiatan yang mereka jalani dapat terus mengembangkan pengalaman dan pengetahuan untuk memacu kualitas diri dalam menyongsong hari esok yang lebih kompetitif. Berikut ini berbagai kegiatan dan lomba yang pernah diikuti para civitas akademi SMA Negeri 3 Wajo selama pandemi mendera bangsa Indonesia. Rentang waktu mulai bulan agustus sampai desember 2020.

Fase bulan agustus s.d. september :
Mengikuti lomba TikTok tingkat kabupaten
Lomba Nyanyi Solo tingkat kabupaten
Mengikuti KSN tingkat provinsi
Menggelar Galeri Kewirausahaan di sekolah
Pemilihan Guru Favorit tingkat sekolah
Lomba Baca Puisi tingkat kabupaten
Lomba Gitar Solo tingkat kabupaten

Fase bulan oktober s.d. desember :
Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos)
Pemilihan Pengurus MPK
Pemilihan Pengurus Organisasi Ekskul
Mengikuti lomba HGN tingkat provinsi secara online
Mengikuti Simulasi Persiapan Pembelajaran Tatap Muka
Mengikuti lomba Baca Puisi tingkat provinsi secara online
Mengikuti Audisi Gita Bahana Nusantara tingkat kabupaten Wajo
Mengikuti Jambore Pemuda Dispora
Mengikuti One School One Innovation tingkat provinsi
Mengikuti FLS2N tingkat provinsi
Mengikuti lomba Mural yang diikuti perwakilan 10 organisasi dan satu orang siswa perwakilan masing-masing kelas.
Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Melaksanakan Tadarrus rutin setiap malam jumat secara virtual via zoom yang dipandu oleh ketua majiswa SMA Negeri 3 Wajo, Lomba Gravity antar kelas tingkat sekolah Dll yang berskala kecil yang tak sempat kami sampaikan semuanya.

lomba yang telah dilaksanakan oleh para civitas akademi SMA Negeri 3 Wajo selama masa Pandemi Corona. “Para civitas benar-benar bersinergi antar organisasi ekskul, sehingga hampir semua organisasi ekskul melibatkan diri sesuai bidang dan kemampuan masing-masing. Tanpa dipaksa dan didorong oleh para Pembina, mereka melakukan semua itu atas inisiatif dan kesadaran berdasarkan program masing-masing organisasi,”tandasnya.

“Setiap organisasi saling berkompetitif untuk menjadi yang terbaik dan memiliki kontribusi terbanyak untuk mengharumkan nama baik dan mengangkat derajat sekolah. Kami sebagai Pembina, terutama ibu kepala UPT sangat mengapresiasi dengan para civitas yang terus bersemangat tanpa menyerah di tengah pandemi covid yang mengahadang setiap langkah dan kegiatan mereka. Peran para Pembina terutama, kepala UPT hanya memberikan dukungan moral berupa petunjuk, bimbingan, serta doa agar kesuksesan dan keselamatan senantiasa mengiringi langkah perjuangan mereka,”tutupnya.(*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

LDK FSI UNM Gelar Muktamar ke XXII

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Forum Studi Islam (FSI​) Raudhatul Ilmi (RI) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelar MUKTAMAR ke XXII...

Siswa SMA Islam Athirah 1 Makassar Belajar Public Speaking Bersama Binus University

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kelas inpirasi bagi kelas XII kembali digelar SMA Islam Athirah 1 Makassar secara virtual, Senin (22/02/2021). Sejumlah 83 partisipan...

Penandatanganan Kotrak PPPK, Plh. Bupati Barru Berpesan

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja yang disingkat PPPK adalah warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu yang diangkat berdasarkan perjanjian...

OSIS SMA Islam Athirah Gelar Webinar Kesehatan, Kepsek: Mereka Pandai Baca Situasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - OSIS SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar webinar kesehatan bertajuk “Pentingnya Kesehatan Mental di Kalangan Remaja dan Pengetahuan Mental...

Unibos Kembali Jadi PT Terbanyak Raih Dana Hibah Proposal Pengabdian Masyarakat

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Bosowa (Unibos) kembali raih pendanaan hibah proposal pengabdian masyarakat terbanyak tahun 2021. Sebelumnya pada tahun 2020, Unibos pun menjadi...

REKOMENDASI