ADV A1

Smartfren Menjadi Operator Pertama yang Hadirkan eSIM di Indonesia

FAJAR Pendidikan

Smartfren menjadi operator pertama yang menghadirkan Embedded SIM (eSIM) bagi penggunanya di tanah air. Smartfren mulai memperkenalkan eSIM pada tahun 2019 guna menjawab kebutuhan pengguna iPhone yang tidak memiliki dual simcard.

eSIM sendiri merupakan standar baru yang dikembangkan oleh GSMA dan digunakan di seluruh dunia. eSIM memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan ke perangkat tanpa menggunakan kartu SIM fisik. eSIM menyimpan nomor telepon, paket berlangganan, konfigurasi jaringan yang membuat perangkat anda dapat terhubung ke operator yang sudah mendukung eSIM salah satunya Smartfren.

eSIM Smarfren adalah embedded SIM yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan 4G LTE Smartfren tanpa menggunakan SIM Card fisik atau bersifat virtual. Hal ini bisa menambah fleksibilitas bagi pelanggan untuk mengatur sendiri preferensi data, voice dan SMS serta menikmati paket data.

Teknologi eSIM, memungkinkan sebuah ponsel memakai 3 nomor sekaligus dalam 1 device tergantung device tersebut support eSIM atau tidak. eSIM sendiri merupakan chip yang ditanamkan didalam device baik Ios maupun di Android. Informasi dalam chip ini bisa ditulis ulang sehingga kita bisa mengganti nomor eSIM dari satu operator dengan operator lain melalui Scan QR Code yang terdapat dalam kemasan eSIM.

BACA JUGA :   Harga dan Spesifikasi OPPO Find X5 Pro 5G, ColorOS Berbasis Android 13 Beta 1

Untuk di Indonesia, Smartfren menjadi operator pertama yang mengenalkan eSIM bagi pengguna Ios dan Android. Diketahui, eSIM Smartfren bisa digunakan di perangkat  jenis iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, dan iPhone SE. Dengan menggunakan eSIM, iPhone yang hanya menyediakan satu slot di perangkatnya, kini bisa jadi dual SIM card.

Selain itu, untuk pengguna Android yang bisa memanfaatkan eSIM Smartfren adalah pemilik smartphone flagship Samsung seperti Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20+, Samsung Galaxy S20 Ultra, Samsung Galaxy Z Flip, Samsung Galaxy Fold, Samsung Galaxy Z Fold 2, dan Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

BACA JUGA :   Cantik dan Dermawan, IU Rayakan Ulang Tahunnya dengan Berdonasi 2,4 Miliar Rupiah

Sampai sekarang, belum ada operator selain Smartfren yang menghadirkan layanan eSIM. Salah satu sumber kami di sebuah operator berdalih, pengguna eSIM masih sepi karena perangkat yang mendukung sedikit. Akan lebih menarik jika produsen lain seperti Xiaomi, Vivo, OPPO, dan lainnya juga sudah mendukung eSIM.

Untuk harganya eSIM Smartfren dibanderol mulai dari Rp. 100 ribu hingga Rp. 180 ribu yang sudah termasuk kuota 90 GB terdiri dari 45 GB kuota utama dan 45 GB kuota malam. Adapun masa aktifnya terbilang panjang, mencapai 360 hari.

Untuk Pemesanan eSIM Smartfren sendiri dapat dilakukan melalui web Smartfren https://www.smartfren.com. Bisa juga dengan cara mengunduh aplikasi MySmartfren melalui Apple AppStore ataupun Google Play Store. Atau dapat memesan melalui Galeri Smartfren terdekat yang berada di daerah kalian.

 

 

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI