Tak Lulus PPDB, Sekolah Swasta Siap Tampung Peserta Didik

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar merampungkan penetapan sekolah gratis yang akan menampung siswa yang dinyatakan tak lulus Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Sekolah swasta yang tersebar di 13 kecamatan itu ditetapkan berdasarkan hasil Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Kota Makassar (MKKS) pada 6 Juli lalu.

Plt Kepala Disdik Kota Makassar, Nielma Palamba mengatakan data-data siswa yang tak lulus akan terintegrasi dengan sekolah-sekolah yang telah ditunjuk, sehingga bisa menjadi opsi bagi siswa.

- Iklan -

“Kan ada ini yang terverfikasi tapi belum tervalidasi, data ini kita urut lagi, by name, by NIK by address. Address-nya dimana, kita sandingkan dengan daftar sekolah swasta sesuai kecamatannya, kita list di situ,” ujar Nielma.

Baca Juga:  Mengenal Asal Usul Suku Makassar

Nielma mengatakan prioritasnya akan tetap mengutamakan siswa kurang mampu atau golongan DTKS menengah ke bawah, serta tetap memperhatikan zonasi.

“Kita tetap komunikasi dengan sekolah-sekolah, karena data itukan lengkap dengan nomor telponnya. Supaya menghubungi yang bersangkutan,” katanya.

- Iklan -

Tak hanya itu, Disdik Kota Makassar juga memberikan keringanan biaya dengan melakukan subsidi senilai Rp1,8 juta per orang per tahun atau Rp150 ribu per orang per bulan.

“Swasta ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota. Mereka yang mendukung kita, untuk anak-anak yang tidak diterima di Negeri. Per tahun, jadi kita harus programkan lagi tahun depannya,” ujarnya.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Makassar, Suarman mengaku cukup mengapresiasi upaya Disdik yang menggandeng sekolah swasta dalam mendorong pendidikan gratis di Kota Makassar, utamanya bagi anak yang kurang mampu.

- Iklan -
Baca Juga:  Banyak Guru Jadi Korban Pinjol, OJK Ungkap Alasannya

“Kita kemarin bincang-bincang dengan MKKS Mereka siap terima siswa yang tak tertampung di negeri. Kita apresiasi karena pemkot ini dia punya kecenderungan agar semua harus sekolah artinya pemkot perhatikan,” ujarnya.

Diketahui, tahun 2021 ini, ada sebanyak 15.648 yang berhasil diterima untuk 4 jalur PPDB tingkat SMP, yaitu jalur zonasi sebanyak 13.643 dan untuk nonzonasi yang terdiri dari Afirmasi, Jalur Orang Tua dan Prestasi sebanyak 2.005. Sementara jumlah pendaftar mencapai 33.000 orang.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU