ADV A1

Tambal Ban Tubeless Model Tusuk Ternyata Berbahaya

FAJAR Pendidikan

Salah satu cara tambal ban tubeless yang paling banyak di temukan di tukang tambal ban pinggir jalan ialah model tusuk. Cara ini dianggap efektif dan juga efisien.

Melansir Otomotif.Kompas.com, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, tambal ban cara tusuk punya kelemahan karena tidak menutup sempurna. Apalagi ban langsung ditambal tanpa dibersihkan dahulu.

Hal itu akan menyebakan kawat yang masih terbuka atau sudah kena air akan mudah berkarat. Sementara itu, sifat karat yang semakin lama semakin menjalar ke bagian lain ditakutkan dapat merusak konstruksi ban.

BACA JUGA :   Yamaha Force X Resmi Meluncur di Indonesia, Desain Menarik

Metode tambal ban tubeless yang benar itu yang dari dalam. Jadi dibongkar dulu trus dibersihkan dulu semua,” kata Zulpata dikutip dari Kompas.com, Selasa (25/1/2022).

Bahaya Tambal Ban Model Tusuk

“Termasuk kalau ada kawat yang keluar dibersihkan dan diberikan anti-karat. Setelah itu baru dimasukkan tambal yang seperti payung dari dalam,” ucap Zulpata.

BACA JUGA :   Yamaha Force X Resmi Meluncur di Indonesia, Desain Menarik

Tambal ban model tusuk akan mengakibatkan bagian telapak ban menggembung dan malah membahayakan bagi pengendara, karena tapak ban jadi tidak rata.

Pengendara dapat menemui tambal ban tubeless dengan metode payung di toko-toko ban atau tempat tambal ban khusus. Meski harganya relatif lebih mahal, namun hasilnya akan bagus dan menjaga keawetan dari ban.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI