ADV A1

Buat Hati Tentram, Ini Kata-kata Mutiara dari Hadist (Bagian 3)

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Hadist adalah pedoman hidup kedua setelah Al-quran. Hadist merupakan perwujudan dari perkataan dan perbuatan Rasulullah SAW. Di dalam Hadist juga terdapat banyak kata-kata mutiara berisi nasihat dan motivasi untuk setiap muslim.

Kata-kata mutiara ini dapat kamu jadikan penyemangat dalam menghadapi permasalahan hidup. Selain itu dengan mempelajari hadist, kamu dapat mengikuti sunnah-sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut adalah kumpulan kata-kata mutiara yang diambil dari Hadist dilangsing dari berbagai sumber.

21. “ Manusia itu mengikut agama kawannya. Maka hendaklah diperhatikan siapa yang hendak dijadikan sebagai kawannya.” (HR Tirmidzi)

22. ”Tidak beriman seseorang di antara kalian hingga ia mencintai Saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim).

23. “ Hijrah adalah meninggalkan hal yang buruk.” (HR. Ahmad).

BACA JUGA :   Hukum Menggabung Puasa Syawal dan Qadha Puasa, Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

24. “ Semua amal anak adam dilipatgandakan 10 kali lipat hingga 700 kali atau sesuai yang Allah kehendaki.” (HR. Muslim).

25. “ Sebaik-baik manusia ialah orang yang senantiasa mengingat Allah, dan seburuk-buruk manusia adalah orang yang suka mengadu domba, suka memecah belah antara orang-orang yang saling mengasihi, suka berbuat zalim, suka mencerai-beraikan manusia, dan selalu menimbulkan kesusahan.” (HR. Ahmad).

26. “ Tangan yang di atas itu lebih baik daripada tangan yang di bawah. Tangan yang di atas adalah tangan yang memberi infak, sedang tangan yang di bawah adalah tangan yang meminta.” (HR. Bukhari).

27. “ Sesungguhnya puasa itu tidak lain adalah perisai. Apabila salah seorang di antara kamu sedang berpuasa maka janganlah berkata kotor dan jangan pula bertindak bodoh. Dan jika ada seorang yang menyerangnya atau mencacinya maka hendaklah dia mengatakan “ Sesungguhnya aku berpuasa, sesungguhnya aku berpuasa.” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA :   Apa Itu Kenaikan Isa Almasih 2022: Tanggal Berapa dan Makna

28. “ Berapa banyak orang yang berpuasa tetapi dia tidak mendapatkan dari puasanya itu kecuali lapar dan dahaga.” (HR. Nasa’i).

29. “ Puasa adalah amanah, maka hendaklah salah seorang di antara kamu menjaga amanahnya.” (HR. Al-Khara’ithi).

30. “ Puasa itu untuk-Ku dan Aku langsung yang membalasnya. Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum daripada aroma kasturi.” (HR. Muttafaq Alaih)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI