Uji Coba Sampel Panel Swab Covid-19 di Labkesda Soppeng

FAJAR Pendidikan

Soppebg. FAJARPENDIDIN.co.id – Balai Besar Laboratorium Kesahatan (BBLK) Makassar melakukan uji coba ektarkasi sample panel Swab Corona Virus Disease (Covid-19) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Soppeng,

Hal tersebut diungkapkan Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Soppeng, Drs Sarianto MSi, Selasa 5 Mei.

Selain itu, lanjut Sarianto, juga melakukan pelatihan terjadap sejumlah pegawai tenaga medis dan dokter yang akan bertugas di Labkesda Soppeng.

Tercatat ada 10 orang Ahli Teknologi Laboratotium Medik ( ATML) dan dua dokter ahli melakukan pelatihan dan pengambilan sampel swab untuk Covid-19 yang dibawakan oleh dr Yoeke dari BBLK Makassar.

Dalam pelatihan tersebut dilakukan praktek pengambilan swab dan swab Chamber, yang didesain khusus untuk pengambilan sampel dilapangan.

“BBLK Makassar juga melakukan pengujian ektarkasi sample panel Swab Covid-19 dari makassar untuk di coba pada alat Lolymerase Chain Reaction (PCR) Soppeng,” tambah Sarianto .

dr Yoeke dari BBLK Makassar, mengatakan, Labkesda Soppeng sudah memenuhi syarat. “Jadi pada prinsipnya sudah sesuai prosedur dan standar pelayanan BBLK,” pungkasnya

Sementara itu, ATLM Labkesda Soppeng Fatmawati mengatakan, bahwa kegiatan tes panel yang harus dilewati Labkesda sebagai proses uji untuk mendapatkan izin dari Litbangkes.

“Kami harus melakukan pelatihan dan perakter tersebut kepada 10 ATLM dan tiga dokter, yakni dr Mega Citra Diatri Sp,PD, dr Mustakim Sp,PD dan dr Kauadi,” jelas Fatmawati. (wis)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI