Wabup Sinjai Kagum dengan Mini Pustaka Mart Dinas Perpustakaan Makassar

FAJAR Pendidikan

Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan, Andi Kartini Ottong Kagum dengan inovasi baru Dinas Perpustakaan Kota Makassar yakni Mini Pustaka Mart (MPM).

Saat melihat langsung prototipe MPM didampingi Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri Apalallo, Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Thato Amran Kudus dan Pustakawan, Tulus Wulan Juni di depan Kantor Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Kamis (24/02).

Kadis Perpustakaan Kota Makassar menjelaskan bahwa Mini Pustaka Mart (MPM) ini adalah inovasi baru yang menggabungkan antara layanan perpustakaan dan UMKM dan akan ditempatkan di lorong-lorong.

“Ini masih contoh Bu, ada dua contohnya dan akan ditempatkan di lorong dan tentunya nanti akan disempurnakan lagi untuk dibuat banyak.

BACA JUGA :   Polres Bone Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Calon Tamtama Polri Tahun 2022

Mini Pustaka Mart ini ada 3 bagian Bu, ada Perpustakaan Mini nya, counter pulsa nya, dan warung jajanan nya yang tentunya isi warung nya berbeda-beda tergantung nanti pengelolanya di lorong. Alhamdulillah ini berkat dukungan dan kolaborasi dari penerbit dan Ibu-Ibu Relawan Baca,” terang Tenri.

Wakil Bupati Sinjai yang menerima penjelasan dari Kadis Perpustakaan langsung tertarik dan ingin juga memiliki Mini Pustaka Mart di daerahnya.

“Saya Kagum dan bagus sekali ini inovasi nya karena ada unsur literasi nya dan juga ekonomi nya yang dapat memberdayakan masyarakat.

BACA JUGA :   Waspada Penipuan, Warga Wajo Kehilangan Saldo Rp. 33 Juta

Sekarang inovasi harus begini yang ada nilai tambahnya khususnya menggerakkan ekonomi masyarakat, seandainya nanti ada Pengembangan nya ke daerah saya pendaftar pertamanya,” ungkap Andi Kartini bersemangat.

Kunjungannya ke Dinas Perpustakaan Kota Makassar selain ingin mengetahui lebih dekat beberapa kegiatan dan inovasi Perpustakaan yang telah menyentuh dan dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat juga ingin menyerahkan Buku hasil karyanya kepada Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang berjudul Amanah (Andi Kartini Ottong) dan Idealisme : Menenun Desa, Merajuk Kota.

Buku yang menceritakan kisah dirinya berproses dari kecil hingga menjadi politisi ini diediting oleh anak-anak muda pegiat literasi di Kabupaten Sinjai. (*).

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA