10 Cabang Olahraga Atletik Terpopuler Di Tingkat Dunia

Cabang olahraga atletik merupakan bagian penting dari kehidupan manusia sejak zaman dahulu kala. Cabang-cabang atletik tidak hanya mencakup lari, lempar, dan loncat, tetapi juga mencakup berbagai variasi yang menuntut kekuatan, kecepatan, keseimbangan, dan ketahanan.

Sampai saat ini, cabang olahraga atletik, masih banyak diminati oleh banyak orang. Bahkan kompetisi di tingkat Dunia selalu diselenggarakan dari waktu ke waktu.

Apa saja sih macam-macam olahraga yang tergolong pada olahraga atletik? Yuk simak, macam-macam olahraga atletik berikut ini:

- Iklan -

1. Lari Cepat (Sprint)

Lari cepat bukan sekadar olahraga yang membutuhkan daya tahan, melainkan menekankan kecepatan penuh dalam jarak pendek. Sprinter, para atlet lari cepat, memerlukan kombinasi kekuatan otot, koordinasi tubuh, dan teknik yang presisi untuk mencapai hasil terbaik. 

Lari cepat merupakan salah satu cabang utama dalam atletik, memerlukan kecepatan maksimal dalam jarak pendek. Perlombaan seperti 100 meter dan 200 meter merupakan ujian nyata kemampuan sprinter untuk mencapai kecepatan tertinggi dalam waktu singkat.

2. Lari Jarak Menengah dan Jauh

Berbeda dengan sprint, lari jarak menengah dan jauh memerlukan ketahanan dan strategi. Perlombaan seperti 800 meter, 1500 meter, atau bahkan maraton menuntut kombinasi kecepatan, daya tahan, dan kecerdikan taktis.

- Iklan -

3. Lari Estafet (Relay)

Lari Estafet (Relay) merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang menarik dan memerlukan koordinasi serta kerjasama tim. Pada lari estafet, para atlet bekerja sama dalam tim untuk mencapai kecepatan maksimal dan bertukar tongkat lari dengan rekan satu tim. Selain menuntut kecepatan individu, lari estafet membutuhkan koordinasi dan kerjasama yang baik antar anggota tim.

Baca Juga:  10 Cabang Olahraga Senam Paling Populer dan Banyak Diminati

4. Lompat Jauh dan Tinggi

Lompat Jauh dan Tinggi yaitu dua cabang atletik yang menilai kemampuan atlet dalam melompat sejauh atau setinggi mungkin. Dalam lompat jauh, atlet perlu menggabungkan kecepatan dan teknik melompat untuk mencapai jarak maksimal.

Di sisi lain, lompat tinggi menguji koordinasi dan kekuatan kaki atlet untuk melewati mistar setinggi mungkin. Kedua cabang ini menuntut kombinasi keahlian fisik dan teknis untuk meraih hasil terbaik.

- Iklan -

5. Lempar Lembing dan Cakram

Lempar lembing dan cakram adalah cabang olahraga atletik yang menilai kekuatan dan teknik melempar. Atlet harus menguasai keterampilan khusus untuk melempar lembing atau cakram sejauh mungkin, mengevaluasi kekuatan serta teknik peluncuran dengan presisi.

6. Lempar Martil dan Shot Put

Selanjutnya ada olahraga Lempar Martil dan Shot Put. Olahraga ini adalah dua cabang atletik yang menekankan kekuatan dan teknik lemparan objek berat. Dalam lempar martil, atlet menggunakan sebuah palu berat yang tergantung pada tali untuk dilempar sejauh mungkin.

Sedangkan dalam shot put, atlet melempar bola logam yang disebut “shot” sejauh yang mereka mampu. Kedua cabang ini memerlukan kekuatan fisik yang luar biasa, karena atlet harus mampu menggerakkan dan melempar benda berat dengan sekuat tenaga.

Baca Juga:  Macam Macam Gaya Renang Dan Teknik Melakukannya

7. Jalan Cepat

Olahraga atletik berikutnya adalah jalan cepat (Race Walking). Olahraga ini merupakan salah satu bagian dari olahraga berjalan yang menilai kecepatan atlet dalam berjalan tanpa melanggar aturan teknis. Cabang ini menekankan teknik berjalan khusus dan ketahanan fisik.

8. Sepak Takraw

Meskipun tidak sepopuler cabang olahraga atletik lainnya, sepak takraw memadukan unsur-unsur lompat dan tendangan dengan bola bulu. Dalam permainan ini, tim berusaha untuk memainkan bola melintasi net tanpa menggunakan tangan, menampilkan keahlian teknis dan kelincahan yang tinggi.

9. Lari Lintas Alam 

Lari Lintas Alam (Cross Country Running) adalah jenis balapan lari jarak jauh yang sangat berbeda dengan lari di dalam trek konvensional. Pada lari lintas alam, atlet berlari melalui medan beragam seperti tanah, rumput, dan bukit. Tantangan alam, termasuk variasi medan, menuntut atlet untuk mengatasi rintangan dan mencapai garis finish.

10. Pentathlon dan Heptathlon

Pentathlon dan heptathlon menggabungkan beberapa cabang atletik dalam satu kompetisi. Pentathlon terdiri dari lima cabang, seperti lari 800 meter, lompat tinggi, lompat jauh, lempar cakram, dan tembak air.

Sedangkan Heptathlon melibatkan tujuh cabang yang mencakup lari 200 meter, lompat tinggi, lompat jauh, lempar martil, 100 meter gawang, lempar cakram, dan lari 800 meter.

Demikianlah 10 macam cabang olahraga atletik terpopuler di tingkat dunia. Olahraga mana yang paling kamu sukai?

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU