10 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Agar bisa mahir berbahasa Inggris, seseorang perlu mengembangkan keterampilan mendengar (listening), berbicara (speaking), dan writing (menulis). Dalam proses mempelajari bahasa internasional ini, membutuhkan waktu, ketelatenan, dan ketekunan.

Cara cepat mempelajari bahasa Inggris, seperti dikatakan dalam Wall Street English, adalah dengan menjadikannya sebagai bagian kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di luar rumah di kala waktu luang.

10 Cara Cepat Lancar Bahasa Inggris Lisan dan Tulisan

1. Listening, Mendengarkan Musik

Kalian bisa mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, baik modern atau yang sudah dirilis sejak lama. Hal terpenting dari cara belajar ini adalah dengan mendengarkan liriknya secara saksama agar kalian bisa mengenali kata-kata baru maupun memahami makna lagunya.

- Iklan -

2. Listening, Nonton Film, Acara TV/Berita/Hiburan, Mendengar Radio

Saat ini, layanan film maupun rekaman acara klasik mudah diakses. Sehingga, kalian juga akan lebih mudah belajar bahasa Inggris. Yang penting, perhatikan subtitle atau terjemahan yang ada di tayangan sehingga bisa memahami dialognya.

Saat sudah terbiasa dengan subtitle, mulai matikan fitur tersebut. Selain itu, dengarkan podcast atau radio yang menggunakan bahasa Inggris saat kalian di transportasi umum atau saat sambil melakukan kegiatan lainnya, agar lekas terbiasa.

Baca Juga:  Rawatlah Wajah Sebelum Bermasalah

3. Listening, Melihat Pertunjukan/Pameran/Diskusi/Talkshow

Sekolah atau lembaga yang menerapkan bahasa Inggris biasanya mengadakan acara seni hingga diskusi memakai bahasa pengantar bahasa Inggris. Beberapa acara semacam ini biasanya juga tersedia di YouTube, sehingga kalian bisa ikut belajar dari sana dengan bantuan teks terjemahan.

- Iklan -

4. Speaking, Bergabung dengan Voice Chat

Melakukan video atau voice chat dengan penutur asli (native speakers) maupun penutur bahasa asing lain bisa menjadi cara yang jitu. Tak perlu takut keliru melafalkan karena penutur bahasa asing lainnya juga tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka.

5. Speaking, Bicara dan Rekam

Kalian bisa berlatih berbicara dengan bahasa Inggris dan merekamnya. Jadi, saat memutar ulang rekaman tersebut, kalian akan tahu apa saja yang harus ditingkatkan.

6. Speaking, Berlatih Bicara dengan Teman Sekelas

Membiasakan berdialog menggunakan bahasa Inggris dengan teman sekelas maupun sekantor bisa membuat kalian lebih cepat terbiasa. Ditambah lagi, gunakan kosakata baru setiap beberapa hari agar semakin cepat lancar.

- Iklan -
Baca Juga:  Perawatan Jerawat ala Artis Korea

7. Reading, Baca Buku dan Artikel Berbahasa Inggris

Sebisa mungkin perbanyak membaca artikel ataupun buku berbahasa Inggris. Misalnya, bila kalian ingin membaca sebuah buku, coba cari terlebih dahulu versi bahasa Inggris buku tersebut. Jadi, bacalah versi bahasa Inggrisnya.

8. Reading, Gunakan Bahasa Inggris di Gawai

Salah satu cara termudah membiasakan diri dengan bahasa Inggris adalah mengubah pengaturan ponsel pintar hingga komputer ke dalam bahasa Inggris. Tips tersebut juga bisa jadi cara yang cepat karena kalian pasti menggunakan gawai-gawai ini setiap hari.

9. Writing, Tulis Kata-kata dan Kalimat

Salah satu cara untuk mengingat apa yang sudah dipelajari adalah dengan membuatnya ke dalam bentuk tulisan. Salah satu cara menyenangkan belajar bahasa Inggris secara tulisan adalah dengan menulis jurnal pribadi.

10. Writing, Menulis Komentar di Blog atau Konten Berbahasa Inggris

Kalian mungkin punya blog atau kanal konten favorit. Nah, coba berikan komentar positif saat kalian mengunjungi situs-situs tersebut dan jangan takut salah.

 

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU