10 Skill dan Keterampilan Ini Dibutuhkan Mahasiswa di Dunia Kerja!

World Economic Forum (WEF) pada Oktober 2020 lalu merilis artikel terkait 10 skill atau keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2025 mendatang.

10 keterampilan ini pastinya harus diketahui para mahasiswa mulai sekarang. Sebab, untuk mampu bertahan di tengah kerasnya persaingan dunia kerja dibutuhkan pegawai yang mempunyai kemampuan keterampilan mumpuni.

Mengutip laman Binus University di binus.ac.id, Minggu (12/9/2021), WEF memprediksi pada 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Berdasarkan prediksi tersebut setidaknya 50% pegawai perlu menambah dan memperbaiki skill mereka supaya bisa bertahan di dunia kerja. Berikut ini 10 skill yang wajib dipunya mahasiswa:

1.Mampu Berpikir secara Analitis dan Inovatif
Guna menyelesaikan permasalahan secara cepat dan akurat, pekerja perlu memiliki kemampuan berpikir secara analitis. Di sisi lain, kemampuan dalam berinovasi juga dibutuhkan demi mencari terobosan baru sesuai kebutuhan pasar.

2. Pembelajaran Aktif (Active Learning) dan Mandiri
Secara umum pembelajaran aktif menuntut seseorang untuk memaksimalkan otak mereka guna menemukan ide pokok dari materi yang dipelajari dan mengaplikasikan hasil belajar untuk menyelesaikan persoalan dalam kehidupan nyata.

Pada kasus pekerja, mandiri dan kemampuan pembelajaran aktif membuat individu tersebut memiliki kemauan kuat untuk terus belajar dan menerapkan ilmu yang mereka dapat guna memperbaiki kinerjanya.

3. Ahli dalam Menyelesaikan Masalah yang Kompleks
Skill ini dibutuhkan agar pekerja dapat melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan mencari pendekatan paling tepat untuk menemukan solusi terbaik.

4. Berpikir Kritis dan Mampu Menganalisis
Sama seperti poin ketiga, kedua kemampuan ini sangat diperlukan untuk mencari solusi sampai membuat keputusan yang tepat supaya bisa meningkatkan performa perusahaan.

5. Kreatif, Punya Orisinalitas, dan Inisiatif
Persaingan pasar yang begitu ketat menuntut para pekerja untuk memiliki tiga skill ini agar dapat menghasilkan ide segar, terutama mereka yang bekerja di industri kreatif.

6. Kemampuan Memimpin dan Memberikan Pengaruh Sosial
Dalam sebuah perusahaan pasti butuh seorang pemimpin yang bisa memberikan pengaruh dan mengendalikan anggotanya demi mencapai target perusahaan.

7. Andal Menggunakan Teknologi
Sesuai kondisi saat ini, teknologi begitu berkaitan dengan seluruh lini kehidupan manusia, termasuk di dunia kerja. Oleh karena itu, bila ingin menjadi pekerja yang sukses, sebagai manusia modern wajib memiliki kecakapan dalam penggunaan teknologi.

8. Mampu Merancang Teknologi dan Melakukan Programming
Sekali lagi, perkembangan teknologi yang begitu hebat membuat pekerja dengan skill programming banyak dibutuhkan. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi lulusan BINUS UNIVERSITY yang pernah berkecimpung di bidang studi Computer Science.

9. Punya Resilien, Toleransi Stres, dan Fleksibilitas Tinggi
Persaingan di dunia pekerjaan makin hari makin terasa ketat. Kondisi ini kemudian menuntut seseorang memiliki resilien—kemampuan bertahan terhadap tekanan hidup ditambah toleransi stres dan fleksibilitas tinggi agar dapat beradaptasi dalam kondisi sulit.

10. Memiliki Daya Nalar, Mampu Merumuskan Ide, dan Pandai Mencari Solusi Masalah
Ini dia tiga skill terakhir yang sangat dibutuhkan di dunia kerja tahun 2025. Perusahaan butuh pegawai yang cakap dalam mengatasi masalah sekaligus merumuskan gagasan terbaik.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI