Tim Pengabdian Masyarakat FKM Unhas Gelar Pelatihan Kader Remaja untuk Pengukuran Status Gizi di SMP Negeri 1 Soppeng

Tim pengabdian dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melakukan kegiatan pelatihan pemberdayaan kader remaja di salah satu SMPN 1 Soppeng.

Pelatihan dilaksanakan pada hari Senin, 15 Mei 2023 di Aula SMP Negeri 1 Soppeng.

Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehata Kabupaten Soppeng.

- Iklan -

Dalam sambutannya, ia mengatakan Dinas Kesehatan sangat mendukung kegiatan ini, karena saat ini permasalahan kesehatan pada remaja sudah banyak terjadi.

Oleh karena itu, sangat penting dilakukan upaya pencegahan dan pemantauan kesehatan sejak dini.

Harapannya, kegiatan ini dapat dilakukan di semua jenjang Pendidikan di Kabupaten Soppeng.

- Iklan -

Dosen Departemen Epidemiologi FKM Unhas yang juga merupakan Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan melatih siswa untuk melakukan pengukuran status gizi di SMP Negeri 1 Soppeng.

Baca Juga:  HMGF FMIPA Unhas Gelar Geofisika Peduli Sosial di Desa Lonjoboko

Siswa terlatih ini menjadi kader kesehatan, untuk pengukuran status gizi di sekolah.

“Diharapkan kader kesehatan ini akan melatih teman-temannya yang lain agar pengukuran status gizi dapat dilakukan secara mandiri dan rutin di sekolah,” terang Andi Selvi Yusnitasari, SKM., M.Kes.

- Iklan -

Pelatihan dilakukan dengan memberikan materi tentang konsep dasar remaja, masalah gizi remaja, pilar prinsip gizi seimbang, cara pemantauan berat badan ideal, penentuan dan indikator status gizi.

Materi disampaikan oleh tim pengabdian masyarakat, yaitu Andi Selvi Yusnitasari, SKM., M.Kes., Marini Amalia Mansur, SKM., MPH., Suci Rahmadani, SKM., M.Kes.

Baca Juga:  Abd Mujib Motivasi Dosen IAIN Bone Capai Gelar Guru Besar

Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan.

Sebelum pelatihan dilakukan pretest untuk mengukur pengetahuan awal peserta, selanjutnya setelah pelatihan dilakukan prosttest.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Soppeng pada akhir kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dilaksanakan setiap tahun dengan topik kegiatan yang berbeda, agar siswa sejak dini sudah terpapar tentang pentingnya kesehatan.

Pihak sekolah sangat mendukung kegiatan ini dan menyampaikan terima kasih kepada tim yang sudah berkenan memberikan pelatihan kepada siswa SMP Negeri 1 Soppeng.

Output dari kegiatan pelatihan ini adalah peserta pelatihan melakukan praktik pengukuran status gizi kepada siswa di SMP Negeri 1 Soppeng.(*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU