11 Cara Mudah Mengecangkan Payudara Agar Tak Kendur

FAJAR Pendidikan

Bentuk payudara dapat berubah dan mengendur seiring waktu. Hal tersebut wajar terjadi, mengingat kulit dan payudara dapat berkurang elastisitasnya.

Payudara yang mengendur memang bisa membuat sebagian wanita jadi merasa kurang percaya diri. Akan tetapi, kondisi tersebut sebenarnya dapat diatasi dengan kebiasaan dan perubahan gaya hidup.

Merujuk Healthline, ada banyak cara mengencangkan payudara supaya bentuknya kembali proporsional dengan metode alami tanpa operasi.

Cara tersebut tentunya dinilai lebih aman karena tidak ada efek samping pada payudara. Akan tetapi, Anda perlu menerapkannya secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

Perlu Anda tahu bahwa bentuk payudara setiap wanita sangat bervariasi. Selain itu, bentuk payudara sendiri berpotensi besar untuk berubah dari waktu ke waktu.

Ketika payudara kendur, tentu hal itu bukan tanpa sebab. Biasanya ada sejumlah kebiasaan yang memengaruhinya, sebagai berikut:

Pertambahan usia adalah penyebab paling umum dari payudara kendur. Kulit akan semakin berkurang elastisitasnya akibat penuaan.

Merokok menyebabkan kulit tubuh termasuk pada payudara kehilangan elastisitasnya dan tidak kembali kencang.

Ukuran payudara yang terlalu besar akan cenderung lebih berat, sehingga dapat melorot seiring waktu dan pertambahan usia.

Kehamilan menyebabkan perubahan pada ukuran dan struktur payudara. Ketika hamil, ligamen yang menopang payudara meregang bahkan sejak trimester pertama kehamilan.

Ligamen yang melemah ini menyebabkan payudara kendur dan efeknya dapat meningkat pada setiap kehamilan.

Penurunan berat badan yang ekstrem secara drastis bisa mengubah bentuk dada dan penampilan payudara.

Kelebihan berat badan menyebabkan kulit serta jaringan payudara meregang sehingga mengakibatkan bentuknya terkulai.

Efek paparan sinar UV matahari yang berlebihan berisiko merusak kolagen sekaligus elastin kulit termasuk payudara.

Fase menopause tentunya mempunyai pengaruh terhadap perubahan hormonal sehingga mengurangi elastisitas kulit.

Terlalu berlebihan melakukan olahraga berat dengan intensitas tinggi juga dapat menyebabkan jaringan ikat payudara rusak, lalu kendur.
Adanya penyakit penyerta, seperti kanker payudara atau TBC mampu melemahkan jaringan dan penyangga payudara.

Cara Mengencangkan Payudara

Terdapat sejumlah metode aman mengencangkan payudara agar tak membuatnya cepat kendur, sebagai berikut.

1. Latihan Dada

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk membantu mengencangkan payudara yaitu dengan latihan dada.

Sebab di bagian bawah payudara terdapat jaringan ikat fibrosa dan otot yang bisa dilatih untuk meningkatkan penampilan dada secara keseluruhan.

Supaya lebih maksimal, latihannya dapat dikombinasikan dengan berenang seminggu sekali, push up, bench press, arm curls. Gerakan mengencangkan payudara ini idealnya dilakukan setiap hari minimal 10-15 menit.

2. Latihan memperbaiki postur tubuh

Latihan sikap juga dapat memperbaiki postur tubuh. Misalnya dari yang sebelumnya bungkuk dan memengaruhi payudara jadi turun, lalu dilatih untuk terbiasa tegap.

Dengan menjaga punggung tetap lurus, tegap, dengan bahu ke belakang, maka postur yang baik ini berfungsi untuk mendistribusikan beban secara merata di tubuh Anda.

Sebab jika terlalu sering membungkuk, payudara akan menggantung dan memengaruhi jaringan di dalamnya sehingga mempercepat kendur.

3. Menggunakan bra yang sesuai

Pemakaian bra penting diperhatikan. Disarankan Anda memakai bra sesuai ukuran, terutama saat berolahraga.

Satu studi menunjukkan bahwa gerakan payudara dari olahraga menyebabkan peregangan dan kendur, meski penelitian ini masih harus dikaji lebih lanjut.

Saat tidak berolahraga, pilih jenis bra untuk sehari-hari yang nyaman, berbahan lembut, dan menyerap keringat. Jika Anda tidur, bisa tidak memakai bra supaya payudara lebih rileks.

4. Menerapkan pola diet sehat

Selain latihan, Anda perlu menyeimbangkan dengan menerapkan pola diet sehat seimbang yang mengutamakan asupan tinggi nutrisi.

Penting juga untuk menjaga berat badan yang ideal sesuai tipe tubuh. Lalu hindari kebiasaan merokok, minum alkohol, dan pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan cukup.

Air ini dapat memperkuat segala sesuatu di tubuh Anda. Dengan minum cukup hal itu akan meningkatkan kekencangan kulit serta memperkuat jaringan payudara secara keseluruhan.

6. Minyak zaitun untuk mengencangkan payudara kendur

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun saat memijat payudara. Oleskan pada buah dada dengan cara menggosok searah jarum jam, kemudian berlawan dengan arah jarum jam.

Minyak zaitun bermanfaat untuk menutrisi kulit agar lebih kencang sehingga mencegah payudara kendur.

7. Lakukan pijat menggunakan es

Selain menggunakan minyak zaitun, Anda juga dapat mencoba menggunakan es batu saat memijat. Caranya dengan mengoleskan masing-masing buah dada dengan es batu kecil dengan gerakan memutar ke arah atas.

Suhu yang dingin dapat membantu memperlambat pergerakan otot sehingga mencegah kendur. Namun, jangan terlalu lama menggunakan es batu karena payudara sangat sensitif.

Lakukan selama maksimal 1 menit saja. Selain itu,hindari menempelkan es batu langsung ke kulit Anda. Sebaiknya lapisi dengan kain terlebih dahulu

8. Gunakan masker untuk mengencangkan payudara kendur

Selain memijat, Anda juga dapat menggunakan masker sebagai cara mengatasi payudara kendur secara alami.

Anda bisa membuat sendiri masker dengan bahan-bahan alami seperti kuning telur dan mentimun atau dengan menggunakan minyak vitamin E.

Telur mengandung protein yang dapat menjaga elastisitas kulit, sedangkan mentimun kaya akan antioksidan yang mencegah penuaan sel kulit.

9. Mengoleskan shea butter

Shea butter cukup populer di Indonesia untuk menjaga kecantikan kulit. Krim yang satu ini dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara memperkencang buah dada Anda.

Menurut International Journal of Molecular Science, kandungan antiradang pada shea butter dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah proses penuaan.

Untuk membantu mengencangkan payudara kendur, gunakanlah bahan ini saat memijat atau campurkan dengan bahan lain untuk dijadikan masker payudara.

10. Mengonsumsi susu, keju, dan yoghurt

Selain melakukan cara-cara dari luar seperti pijatan dan masker, Anda juga dapat melakukan upaya dari dalam untuk mengencangkan payudara kendur.

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi susu dan bahan-bahan olahannya seperti keju dan yoghurt dapat membantu menutrisi payudara.

Payudara yang ternutrisi dengan baik dapat lebih sehat dan terjaga ukuran dan kekencangannya.

11. Perbanyak minum air putih

Selain mengonsumsi makanan tertentu, minum air putih ternyata dapat membantu mengencangkan payudara yang kendur lho.

Air putih bermanfaat untuk menghidrasi kulit sehingga terjaga kekencangannya secara alami. Minumlah air putih sekitar 1,8 liter setiap harinya agar tubuh terhidrasi dengan baik dan payudara menjadi lebih kencang.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA