16 Contoh Kalimat Kompleks Lengkap Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis Kalimat

16 Contoh Kalimat Kompleks Lengkap Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis Kalimat, Kalimat kompleks adalah kalimat yang mempunyai makna yang lebih dari satu peristiwa, Untuk kalimat kompleks dibagi menjadi dua kalimat lagi. Yang masing-masing mempunyai penjelasan tersendiri.

Dilansir dari laman Materibelajar.co.id, berikut ini penjelasan lengkap dari 16 Contoh Kalimat Kompleks Lengkap Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis Kalimat. Berikut penjelasaanya :

Pengertian Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks adalah kalimat yang mempunyai makna yang lebih dari satu peristiwa, Untuk kalimat kompleks dibagi menjadi dua kalimat lagi. Yang masing-masing mempunyai penjelasan tersendiri. Dan pada setiap kalimat kompleks mempunyai contoh dan struktur yang berbeda antara satu dengan lainnya

- Iklan -

Kalimat kompleks sejatinya adalah gabungan dari beberapa kalimat simpleks atau beberapa klausa yang dipisahkan dengan kata penghubung/dengan tanda koma.

Baca Juga:  8 Cara Perkembangbiakan Vegetatif Alami pada Tumbuhan

Ciri-Ciri Kalimat Kompleks

Berikut ini ciri-ciri kalimat kompleks secara umum yang sesuai dengan fungsi dan susunan kalimatnya.

  1. Kalimat kompleks harus mempunyai minimal dua peristiwa atau klausa atau proses, bahkan lebih dari dua dalam satu kalimat.
  2. Gabungan dari kalimat simpleks atau dari klausa.
  3. Untuk menggabungkannya menggunakan kata gabung yang sudah ditentukan atau dipisahkan dengan tanda koma.
  4. Harus mempunyai dua buah subjek dan dua buah predikat dalam satu kalimat dan pada susunan kalimat lengkap

Jenis Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks dibagi menjadi dua jenis yaitu kalimat kompleks parataktik dan kalimat kompleks hipotaktik.

- Iklan -

Kalimat kompleks parataktik yaitu salah satu kalimat kompleks yang terdiri atas dua struktur yang mempunyai makna yang sama atau setara atau sejajar yang disusun dalam satu kalimat.

Baca Juga:  Mengenal Struktur Sel Hewan beserta Fungsinya

Contoh kata sambung atau konjugasi yang umum dipakai dalam kalimat ini adalah kata dan, tetapi dan atau. Kata penghubung yaitu salah satu ciri khas kalimat kompleks parataktik.

Kalimat kompleks hipotaktik adalah kalimat kompleks yang juga mempunyai dua struktur kalimat yang kedudukan atau makna kalimat saling berhubungan atau bertingkat. Oleh karena itu nama lain dari kalimat kompleks hipotaktik yaitu kalimat majemuk bertingkat.

- Iklan -

Kalimat hipotaktik juga mempunyai kalimat penghubung atau konjugasi namun berbeda dengan yang parataktik. Kalimat penghubungnya yaitu kata “ seperti, agar, supaya, andaikan, apabila, jika, seandainya, daripada, ibarat, seperti, laksana, oleh karena itu, faktanya, dengan dan sehingga”. Kalimat yang memakai kata penghubung itu berarti termasuk kalimat majemuk bertingkat.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU