Jumat, Oktober 22, 2021

167 Mahasiswa IAIN Bone KKLP di 17 Desa

spot_imgspot_img

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Sebanyak 167 Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan dan Profesi (KKLP) dari Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Bone dilepas secara resmi oleh Dekan FUD IAIN Bone, Dr. Ruslan., M. Ag. dan diterima langsung oleh Camat Kec. Mare, A. Muhammad Awaluddin, S. SPT. di Aula Kantor Kecamatan Mare, Rabu (15/9/2021).

Lepas Sambut KKLP kali ini begitu istimewa karena dihadiri dan mahasiswa dijemput langsung oleh Kepala Desa/Lurah tempat masing-masing mahasiswa akan melaksanakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan KKLP yang akan berlangsung sejak 15 September – 30 Oktober 2021 ini berlokasi di 1 Kelurahan dan 17 Desa se-Kecamatan Mare, akan didampingi sebanyak 18 Dosen pembimbing dan 18 Pendamping.

Wandi, S. Kom, M. Kom. dalam laporannya menyampaikan bahwa 167 Mahasiswa KKLP terdiri dari dua Prodi, yakni prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) sebanyak 120, dan Prodi Ilmu Alqur’an dan Tafsir (IAT) sebanyak 47 orang dan akan ditempatkan pada 18 desa yang ada di Kec. Mare.

Ia berpesan kepada peserta KKLP agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam Beraktitfitas sesuai tema KKLP FUD IAIN Bone tahun 2021.

“Kami berharap agar dalam beraktifitas di masyarakat nantinya, adik-adik tetap mematuhi protokol Kesehatan. Sesuai dengan tema KKLP yaitu “Pola Hidup Sehat dan Moderasi Beragama di Era New Normal,”ungkapnya.

Sementara Dekan FUD IAIN Bone Dr. Ruslan M.Ag berpesan kepada mahasiswa agar menjaga tradisi akademik dan menjaga tradisi Lokal lokasi KKLP. Beliau juga menyampaikan Ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yg telah terlibat, membantu, dan tetap mengawasi serta mengontrol kegiatan KKLP.

Beliau juga mengharapkan bimbingan, arahan dan tempahan kepada mahasiswa dari Bapak Camat, Bapak Ibu Kepala Desa/Lurah, karena menurut beliau mahasiswa KKLP adalah mereka tetap berkuliah nontatap muka di Kampus, tetapi mereka belajar untuk mengkolaborasikan dan mempraktekkan ilmu akademik di lapangan atau di tengah masyarakat.

“Kepada anakda Mahasiswa yang kami lepas untuk mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat agar tetap menjaga tradisi akademik dan tradisi Lokal Masyarakat. Kepada Bapak/Ibu pemerintahan wilayah, kami berharap agar mahasiswa kami tetap dibimbing, diarahkan dan ditempah dalam beraktifitas, karena pada dasarnya mereka itu tetap belajar atau berkuliah, cuma bukan di Kampus”, ujarnya

Kapolsek Kec. Mare AKP H. A. Muhammad Nawir dalam Sambutannya mengimbau kepada Mahasiswa agar tetap fokus dalam melaksanakan program kerjanya karena saat ini masyarakat akan malaksanakan pesta Demokrasi yakni Pilkades. Menurutnya tidak menutup kemungkinan ada riak-riak atau bias Politik.

Andi Muhammad Awaluddin, S. STP, selaku Kepala Pemerintahan Kec. Mare menyampaikan dalam sambutan agar saat melaksanakan Program Kerja nanti mahasiswa bersinergi dengan pemerintah, menjaga kedekatan dengan masyarakat, serta Program kerja yang akan dilaksanakan adalah yang benar-benar bisa dituntaskan dan dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat tenggang waktu di lokasi terbatas dan sangat singkat.

“Semoga apa yang dicanangkan dalam program kerja adalah program yang dibutuhkan oleh masyarakat, bisa dilaksanakan dengan tuntas dan dapat dinikmati oleh masyarakat. Sehingga pada kerjasama ini dapat berjalan baik dan berlanjut seperti apa yang diharapkan, ujar beliau.

Untuk diketahui bahwa wilayah Kecamatan Mare terdiri dari 17 Desa dan 1 Kelurahan. Dan program kerja yg dicanangkan dalam KKLP ini bersifat non Fisik.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI