KKN Profesi Kesehatan Unhas akan Tempatkan Mahasiswa di Jepang

FAJAR Pendidikan

KKN Profesi Kesehatan (PK) Unhas saat ini sedang menjajaki pelaksanaan KKN antar negara atau internasional, khususnya ke negara Jepang.

Pelaksanaan KKN PK secara internasional tersebut bertujuan untuk menjawab tantangan pelayanan kesehatan global saat ini yang borderless dan menuntut kolaborasi antar berbagai pihak yang lebih solid.

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang menghasilkan berbagai profesi Kesehatan, maka Unhas melalui KKN PK berkewajiban menyiapkan mahasiswanya menjadi profesional Kesehatan yang tangguh, adaptif dan responsif terhadap kemajuan dunia yang tanpa batas.

Untuk itu, melalui kerja sama yang sudah cukup lama dijalin antara Unhas dan Kaikoukai Healthcare Group, saat ini sedang dikembangkan program KKN PK Internasional yang akan ditempatkan di Nagoya, Jepang.

Hal ini dibahas lebih mendalam dalam Rapat Kordinasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pengembangan FK Unhas lt.2.

Hadir dalam tersebut wakil dari Kaikoukai Healthcare Group yang dipimpin oleh Kazuya Abe, dari FK Unhas ada Wakil Dekan Bidang Akademik Dr dr Irfan Idris, MKes, dan Ketua Pusat Penelitian, Inovasi dan Kemitraan Internasional, Dr dr Rina Masadah, M Phil., Sp PA., DFM.

BACA JUGA :   Posko 18 PBL III FKM Unhas Adakan Evaluasi Program Pencegahan Stunting dan Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap

Sedangkan dari unsur Pengelola KKN PK dihadiri oleh Ketua Pengelola dr Irwin Aras, M.Epid., MMedEd dan Dr. Syamsuar M, SKM., M.Kes., MSc.PH.

Pada pertemuan tersebut dibahas rencana pelaksanaan KKN PK di Nagoya, Jepang, yang merupakan kantor pusat dari Kaikoukai Kealthcare Group.

Nantinya mahasiswa akan melaksanakan KKN PK selama 4 pekan dengan beban 4 SKS sebagai sebuah mata kuliah dengan menjalankan prinsip-prinsip KKN yang telah berjalan selama ini.

Salah satunya bahwa mahasiswa akan belajar dengan mengamati secara langsung praktik-praktik kolaborasi antar profesi Kesehatan yang berlangsung di RS sebagai bagian dari Interprofessional Education (IPE).

Dengan pengalaman secara langsung melihat pemberian pelayanan Kesehatan kepada pasien melalui kerjasama dokter, perawat, dokter gigi dan tenaga kesehatan lainnya, diharapkan mahasiswa punya insight akan pentingnya kolaborasi sehingga akhirnya mereka Ketika lulus menjadi professional Kesehatan siap untuk berkolaborasi dengan baik.

Hal ini sangat ditekankan oleh Ketua Pengelola KKN PK dan WD Bidang akademik FK Unhas.

Menurut Abe, pelaksanaan KKN PK angkatan ini adalah yang pertama di Kaikoukai sehingga menjadi peluang yang sangat besar bagi mereka untuk berkontribusi dalam pendidikan profesi kesehatan di Indonesia.

BACA JUGA :   Mahasiswa PBL III FKM Unhas Gelar Evaluasi Proker Penyuluhan Stunting dan Gizi Buruk

Dalam rancangannya, menurut Abe, mahasiswa akan mempelajari sistem kesehatan yang dijalankan di Jepang.

“Selain itu, khususnya di Kaikoukai, mahasiswa akan diperkenalkan dengan teknologi terkini dalam pelayanan kesehatan di Jepang dan akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsing dengan tenaga kesehatan setempat yang memberikan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Dr Syamsuar menambahkan, bahwa kegiatan KKN PK internasional ini selain memberikan pengalaman akademik, juga memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar health lifestyle masyarakat Jepang sekaligus juga menambah pengalaman cultural understanding bagi mahasiswa KKN PK.

Pelaksanaan KKN PK internasional ini direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2022 sehingga dibutuhkan kerjasama yang baik antara KKN PK Unhas dengan pihak Kaikoukai – Jepang mulai dari pemberkasan, pemeriksaan kesehatan dan pre departure training sebelum pemberangkatan.

Pada sore harinya, jam 16.00 bertempat di Ruang Rapat Senat FK Unhas, dilanjutkan pertemuan dengan 14 orang mahasiswa kandidat peserta KKN PK Internasional.

Dalam pertemuan dijelaskan hal-hal penting dan teknis persiapan pemberangkatan nantinya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI