29 November 2021 Fenomena Nadir Ka’bah

Hari ini, 29 November 2021 terjadi fenomena yang di sebut dengan Nadir Ka’bah. Nadir Ka’bah adalah sebuah fenomena astronomi ketika Posisi matahari tepat berada di titik nadir (titik terendah) saat tengah malam.

Posisi nadir tersebut dapat di lihat bagi pengamat yang berada di sekitar Ka’bah. Fenomena ini telah terjadi 2 kali dalam setahun. Pertama, terjadi pada 13 Januari 2021 dan Kedua, hari ini.

Di lansir oleh inet.detik,peneliti Pusrissa OR-PA BRIN Andi Pangerang, karena bentuk Bumi yang bulat, Matahari akan berada tepat di atas titik antipode Ka’bah (titik yang terletak di belahan Bumi yang berlawanan terhadap Ka’bah) ketika tengah hari.

BACA JUGA :   6 Dampak Buruk Komsumsi Alkohol, Kini Dilarang di Piala Dunia 2022
- Advertisement -

“Dengan demikian, ujung bayangan Matahari yang mengalami pagi, siang, dan sore akan mengarah ke kiblat. Pada hari ini, 29 November 2021, fenomena tersebut terjadi pada pukul 00.09 waktu Arab Saudi atau 06.09 WIT,” ujarnya.

- Advertisement -

Fenomena ini juga kerap di jadikan waktu untuk mengecek ulang arah kiblat. Namun, penggunaan nadir Ka’bah untuk meluruskan arah kiblat hanya dapat di gunakan bagi wilayah ketika Matahari di atas ufuk yaitu:

BACA JUGA :   Ini Alasan Kenapa Kucing Takut Terkena Air

Pastikan tiga hal ini sebelum melakukan pengukuran arah kiblat:

  • Tegak lurus, tongkat maupun bandul diletakkan tegak lurus permukaan BumiPastikan tiga hal ini sebelum melakukan pengukuran arah kiblat
  • Rata, tempat meletakkan benda maupun jatuhnya bayangan Matahari harus rata
  • Tepat waktu, penunjuk waktu harus terkalibrasi dengan baik dan pengukuran dilakukan pada waktu yang ditentukan. Meskipun demikian, pengukuran dapat dilakukan 40 menit sebelum dan sesudah waktu yang ditentukan dengan toleransi 1/2 derajat jika cuaca kurang mendukung.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: