Ralph H Baer, Pencipta Game Analog

Raplh H Baer [Foto: Int]

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id— Saat ini game menjadi primadona dan sangat digandrungi oleh para pengguna mobil maupun pemilik konsol game di seluruh penjuru dunia. Tapi tahukah kamu, siapa yang menciptakan dan memperkenalkan game kepada masyarakat ?

Tahukah kamu ? Teranyata game sudah ada sejak beberapa dekade lalu, dan game ini hadir atas ide dari Ralph H Baer. Berdasarkan data yang dilansir dari internet, Ralph H. Baer lahir pada 8 Maret 1922, seorang warga Jerman yang tinggal di Amerika Serikat. Ralph mendapat julukan sebagai pemula di era industri video games.

Perjalanan hidup Ralph diketahui ketika ia menjadi seorang insinyur televisi yang saat itu masih jarang di Amerika Serikat. Ralph H. Baer pun menciptakan sebuah permainan di televisi pada 1966 di perusahaan bernama Sanders.

BACA JUGA :   Literasi Digital Diperlukan Guna Mendukung Pariwisata Toraja

Kemudian penemuan dikembangkan hingga menjadi video game pertama yang diberi nama Brown Box. Video game itu dipatenkan pada 1968. Paten ini masih tercatat sebagai video game pertama di dunia.

Paten temuan video game ini dilisensi oleh Magnavox Oddysey yang menjadikannya sebagai game konsol pertama pada 1972. Tak berselang lama, Ralph H. Baer juga menemukan kontrol pistol untuk video game yang bisa dimainkan oleh gamer di televisi.

Penemuan itu juga merupakan yang pertama di dunia dan digunakan di Magnavox Oddysey. Ralph Baer tetap bekerja di Sanders hingga pensiun pada 1987.

BACA JUGA :   Pererat Tali Silaturahmi, Warga Perumahan Raihan Gelar Forum Musyawarah

Sejak 1983, Baer bersama beberapa temannya menciptakan beberapa peralatan permainan yang di bawah perusahan MicroPROS Technology Solutions. Baer juga merupakan anggota senior seumur hidup dari perkumpulan insinyur IEEE.

Pada 13 Februari 2006, Ralph H Baer mendapatkan penghargaan National Medal of Technology dari Presiden Amerika Serikat saat itu, George W. Bush, atas penemuannya yang memulai industri video game.
Pada 6 Desember 2014 dilaporkan Ralph H. Baer meninggal dunia. Ia meninggal di usia 92 tahun.(*)

Editor: Wulandari