3 Sifat-Sifat Magnet Lengkap Penjelasan, Pengertian dan Contoh Soal

Sifat-Sifat Magnet Lengkap Penjelasan, Pengertian dan Contoh Soal, Berikut pelajaran sekolah akan kembali membahas tentang Sifat-sifat magnet lengkap dengan penjelasan, pengertian dan contoh soalnya.

Oleh sebab itu, Sifat-sifat magnet merupakan ciri khas yang hanya dimiliki magnet. Sedangkan Magnet adalah diartikan setiap bahan yang dapat menarik logam besi dan memiliki daya rangsang bila menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Serta dalam buku Seri Sains Dasar 8: Magnet yang ditulis Dewi Suartini sebuah benda yang dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam. Dan Benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut dengan benda magnetis sedangkan bila benda tidak dapat ditarik disebut benda nonmagnetis.

- Iklan -

benda yang dapat ditarik oleh magnet dibagi menjadi tiga yaitu:

1. Feromagnetik

Pertamama, Feromagnetik adalah benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet dengan sangat kuat seperti besi, baja, nikel dan kobalt.

- Iklan -

2. Paramagnetik

Keduan, Paramagnetik adalah benda yang bisa ditarik magnet namun tarikannya lemah seperti alumunium, tembaga dan platina.

3. Diamagnetik

- Iklan -

Ketiga, Diamagnetik adalah benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet seperti bismuth, timah hitam dan benda-benda nonmagnetis lainnya.

Baca Juga:  10 Suku di Indonesia yang Paling Populer dan Paling Banyak

Sifat-sifat Magnet

Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara (north/N) dan kutub selatan (south/S).
Dalam keadaan bebas atau digantung, kutub-kutub magnet selalu menghadap utara dan selatan.

Dua kutub magnet yang sama akan saling tolak-menolak dan dua kutub yang berbeda akan tarik-menarik.

Kekuatan gaya tarik magnet yang paling kuat terletak pada kutub-kutubnya. Makin dekat jarak kutub magnet terhadap suatu benda, makin kuat pula tarikan magnetnya.
Tidak semua benda dapat ditarik magnet. Benda-benda yang dapat ditarik magnet biasanya mengandung bahan besi, kobalt dan nikel.

Gaya tarik magnet dapat menembus benda-benda tipis seperti kertas, plastik dan film.
Satu fakta menarik dari sifat magnet adalah dapat hilang ketika magnet dibakar. Hal ini disebabkan oleh pemanasan magnet yang menyebabkan gerakan partikel-partikel magnet menjadi acak.

Sifat magnet juga akan hilang ketika magnet dipukul-pukul yang mengakibatkan timbulnya getaran dan membuat partikel-partikel tersebut tidak teratur.

Contoh Soal Magnet

Salah satu pembahasan tentang contoh soal yang berkaitan dengan magnet adalah tentang konsep Gaya Magnetik (gaya Lorentz).

Baca Juga:  Pengertian Orde Baru; Ciri-ciri, Kebaikan dan Keburukannya

Gaya magnetik adalah gaya yang diakibatkan oleh medan magnet baik terhadap kawat berarus maupun terhadap partikel yang bergerak dalam medan magnet.

Penerapan Konsep Gaya Magnet dalam kehidupan sehari-hari misalnya pada bel listrik dan Kereta Maglev yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak menggunakan induksi magnet.

Rumus Gaya Magnetik pada Kawat Berarus dalam Medan Magnetik adalah:

FL: B x i x l x sinθ
Keterangan:

FL = gaya Lorentz (N)

B = induksi magnet (T)

i = kuat arus listrik (A)

l = panjang kawat (m)

θ = sudut antara arah arus listrik dengan kuat medan magnet (0)

Contoh soal:

Sebuah kawat lurus panjangnya 20 cm dialiri arus listrik 2 A, memotong medan magnet yang besarnya 200 T dan membentuk sudut sudut 300 terhadap garis medan magnet. Gaya magnetik yang dihasilkan adalah…

Jawaban:

Diketahui:

l = 20 cm = 2.10- 1 m

i = 2 A

θ = 300

B = 200 T

Ditanya: FL ?

Pembahasan:

FL = B x i x l x sinθ

FL = 200 x 2 x 2.10- 1 x sin 300

FL = 80 x 0,5

FL = 40N

Itulan pembahasan dari 3 Sifat-Sifat Magnet Lengkap Penjelasan, Pengertian dan Contoh Soal, Semoga Bermanfaat!

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU