352 Tarian Daerah 34 Provinsi Beserta Gambarnya dan Asal Daerah

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan tentang tari daerah yang lengkap meliputi gambar dan nama-nama beserta asal daerah. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini

Kekayaan budaya Indonesia sudah di akui dunia. Salah satunya yaitu tarian daerah yang menjadi salah satu kekayaan budaya yang beragam ini dan kemudian dilebur dalam Bineka Tunggal Ika.

Indonesia menyimpan kebudayaan yang amat sangat luar biasa, tersebar di berbagai daerah dari Sabang sampai Marauke. Salah satu kebudayaan Indonesia adalah tarian daerah.

- Iklan -

Hampir tiap daerah di Indonesia mempunyai tariannya masing-masing. Hal ini disebabkan Indonesia mempunyai lebih dari seribu suku bangsa yang tersebar di berbagai daerah. Setiap daerah mempunyai tarian daerahnya masing-masing.

Tarian Daerah Populer di Indonesia

Keindahan tarian daerah di Indonesia sudah terlalu banyak yang diakui oleh dunia, contohnya adalah tari Saman. Berkat keindahan tari Saman, Indonesiasudah pernah mendapat gelar “The Best Performance” di “The Internationaly Fork Festival” pada tahun 2013.

Para penari berhasil membuat para penonton festival yang dilaksanakan di Yunani tersebut menjadi terpukau. Dari ribuan tarian daerah yang terdapat di Indonesia, berikut adalah 7 tarian daerah yang paling populer dan beberapa diantaranya telah dikenal dan diakui dunia :

- Iklan -

1 Tari Saman (Aceh)

Tari Saman yaitu tari yang berasal dari Suku Gayo. Tarian Saman umumnya di tampilkan untuk memperingati hari-hari penting adat istiadat masyarakat Aceh. Tari saman juga ditampilkan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhamad SAW.

Baca Juga:  Contoh Recount Text Bahasa Inggris Beserta Artinya

Beberapa literatur menyebutkan bahwa tari Saman dikembangkan oleh Syekh Saman, yaitu seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tengggara.

tari saman (aceh)
tari saman (aceh)

Tari Saman sangat dikenal dunia, bahkan UNESCO sudah menetapkan tari daerah ini sebagai “Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity” pada tahun 2011.

- Iklan -

Tarian ini dibawahkan oleh sekelompok penari yang memiliki jumlah ganjil. Keunikan tarian ini ada pada suara yang berasal dari gerakan tangan para penari. Berbeda dengan gerakan tari lain dengan penarinya yang bergerak bebas, tari saman dibawakan oleh penarinya dengan duduk.

2 . Tari Kecak (Bali)

tari kecak
tari kecak

Bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Bali pun dikenal dengan keragaman budaya nya. Salah satunya yaitu tari Kecak. Tari kecak adalah jenis seni drama khas dari Bali.

Tari Kecak menggambarkan cerita tentang tokoh Pewayangan yang bernama Ramayana.Tarian daerah yang berasal dari Bali ini umumnya disebut sebagai tari Sanghyang yang dipertunjukkan ketika upacara keagamaan.

Tarian ini dimainkan sekelompok penari yang berjumlah 70 orang yang berbaris melingkar.Keunikan tarian ini terlihat dari para penarinya yang mampu dibakar api, namun masih kebal dan tak terbakar.

Baca Juga:  Countable Noun, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Bahasa Inggris

Para penari laki-laki meriakan kata “cak cak cak. dan dari situlah nama tari Kecak diambil.

3 . Tari Jaipong (Jawa Barat)

tari jaipong
tari jaipong

Tari Jaipong merupakan salah satu tarian daerah yang berasal dari Jawa Barat. Tarian Jaipong adalah peleburan dari beberapa tradisional seperti pencak silat, ketuk tilu, wayang golek dan lain sebagainya, Tarian ini telah menjadi ikon kesenian daerah Jawa Barat.

Jaipong lahir dari sosok seniman kreatif dan bertangan dingin H Suanda tahun 1976 di Karawang, Jawa Barat. arian ini dipertontonkan untuk menyambut tamu mancanegera yang berkunjung ke daerah Jawa Barat. Gerakannya yang erotis dan vulgar membuat tarian ini menjadi perbincangan hangat di awal kemunculannnya.

4 . Tari Piring (Sumatra Barat)

tari piring
tari piring

Selain makanan dan rumah adatnya yang khas, Sumatera Barat pun mempunyai tarian daerah yang populer. Tarian ini dinamakan tari Piring dikarenakan penggunaan properti piring pada gerakan tariannya. Dahulunya, Tari Piring dilakukan para laki-laki dan perempuan untuk membawakan sesembahan bagi para dewa sebagai wujud rasa syukur terhadap panen yang melimpah.

Keunikan tarian ini ada pada gerakan penarinya yang cepat, atraktif dan sangat indah dengan piring ditangan mereka yang sama sekali tidak terjatuh.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU