4 Manfaat Mandi di Malam Hari untuk Kesehatan

Kebiasaan mandi malam sering dikatakan berbahaya bagi kesehatan oleh beberapa khalayak. Yang akan memicu beberapa penyakit seperti masuk angin dan rematik. Namun Mandi malam ternyata memiliki banyak manfaat.

Tidak sedikit orang-orang yang khawatir mandi di malam hari karena takut kebiasaan ini berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pada dasarnya, mandi di pagi hari memang terasa lebih menyegarkan serta membawa banyak manfaat. Akan tetapi, kenyataannya belum ada banyak studi yang membuktikan efek samping mandi malam secara langsung terhadap tubuh, terutama dalam memicu masuk angin dan rematik.

Dibanding dengan bahayanya, justru sudah ada banyak studi yang membuktikan manfaat mandi malam untuk kesehatan, mulai dari kualitas tidur hingga tekanan darah Anda.

Berikut adalah berbagai kebaikan yang bisa Anda dapat dengan rutin mandi di malam hari.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang meningkat. Bahkan, mandi malam termasuk dalam tips memiliki tidur sehat yang dianjurkan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) Amerika Serikat.

Mandi malam, terutama dengan memakai air hangat, akan membantu menurunkan suhu tubuh Anda. Penurunan suhu tubuh inilah yang akan membantu Anda merasa lebih rileks dan cepat mengantuk.

Hal ini juga diteliti dalam sebuah studi dari jurnal Sleep Medicine Reviews, yang menunjukkan bahwa mandi malam hari membantu Anda terlelap lebih cepat dan pulas.

Selain itu, bagi Anda yang sering susah tidur karena nyeri otot dan pegal-pegal setelah seharian beraktivitas, mandi malam bisa menjadi solusi yang paling tepat.

Suhu air hangat saat mandi akan membantu mengistirahatkan otot-otot tubuh yang tegang dan kaku sehingga tidur Anda akan jauh lebih nyenyak.

2. Membantu mengurangi stres

Dengan mandi malam, Anda juga akan mendapatkan manfaat terhindar dari stres serta kecemasan.

Stres adalah salah satu pengganggu tidur di malam hari. Setelah melewati aktivitas yang padat seharian, pikiran Anda mungkin lebih rentan dilanda stres sehingga tidur pun terganggu.

Nah, mandi di malam hari akan merangsang produksi senyawa endorfin dan noradrenalin di dalam tubuh.

Kedua senyawa tersebut dapat memberikan efek yang serupa dengan obat antidepresan sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan tenang.

Apabila Anda tengah menghadapi kecemasan dan depresi, mandi malam hari dengan air dingin juga akan membantu mengurangi gejala-gejala yang mengganggu tidur Anda.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat selanjutnya dari mandi di malam hari adalah penurunan pada tekanan darah Anda. Hal ini tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda.

Sebuah penelitian dari Journal of Biological and Medical Rhythm Research mengungkap pengaruh mandi malam dengan air hangat pada lansia.

Ternyata, mandi air hangat selama 11-15 menit sebelum tidur membantu menurunkan tekanan darah sebanyak 16 mm Hg.

Nah, bayangkan jika Anda rutin menjalani kebiasaan mandi malam dengan air hangat setiap hari. Tentunya akan ada peningkatan pada kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan.

4. Baik untuk kesehatan kulit

Berkegiatan di siang hari, terlebih jika dilakukan di luar ruangan akan membuat kulit Anda lebih mudah berkeringat dan berminyak.

Apabila Anda memiliki jadwal yang padat dan tidak sempat mandi sore, Anda bisa melakukannya di malam hari.

Penumpukan keringat, minyak, dan sel-sel kulit mati tentunya akan berpengaruh pada kebersihan diri Anda. Anda tentu tidak ingin tidur dengan tubuh yang kotor, bukan?

Tak hanya itu, membiarkan kulit Anda kotor begitu saja saat tidur berisiko menyebabkan bau badan, iritasi kulit, bahkan alergi.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mandi malam adalah kulit yang lebih bersih dan bebas dari tumpukkan kotoran, terutama jika Anda memakai sabun mandi antiseptik.

Tidur pun menjadi semakin nyenyak karena tubuh Anda sudah dalam kondisi lebih bersih dan wangi.

Nah, itulah tadi 4 manfaat mandi di malam hari untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Hati-hati, mandi malam hari sebaiknya tidak dilakukan secara asal. Meski ada beberapa studi yang menyatakan mandi air dingin juga bermanfaat, akan lebih baik jika Anda menggunakan air hangat di malam hari.

Selain itu, untuk merasakan efek positifnya secara maksimal, ada baiknya Anda mandi 1-2 jam sebelum tidur. Durasi mandi pun sebaiknya tidak lebih dari 10-15 menit.

Itulah beberapa manfaat dari mandi saat di malam hari. Semoga bisa bermanfaat!

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI