- Advertisement -

4 Rahasia Dibalik Sakit

Ternyata, ada rahasia dibalik sakit. Rahasianya, justru bagus. Sedikitnya, ada rahasia dibaliknya.

  1. Sakit menjadi kebaikan bagi seorang muslim jika dia bersabar. Rasululloh Shollallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda yang artinya.

“Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin, sesungguhnya semua urusannya merupakan kebaikan, dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang mukmin. Jika dia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya, dan jika mendapat kesusahan, maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya. (HR. Muslim)

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

2. Sakit akan menghapuskan dosa

Rasululloh Shollallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.(HR. Muslim)

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

3. Sakit akan Membawa Keselamatan dari api neraka

Rasululloh Shollallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda yang artinya,

“Janganlah kamu mencaci maki penyakit demam, karena sesungguhnya (dengan penyakit itu) Alloh akan mengahapuskan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tungku api menghilangkan kotoran-kotoran besi.(HR. Muslim)

4. Sakit akan mengingatkan hamba atas kelalaiannya

Alloh Ta’ala berfirman yang artinya,

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (para rasul) kepada umat-umat sebelummu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Alloh) dengan tunduk merendahkan diri. (QS. al-An’am: 42).

SABAR ATAS MUSIBAH

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, لِيَعْزِ المسْلِمِيْنَ فِي مَصَائِبِهِمْ المصِيْبَةُ بي “Musibah yang menimpaku sungguh akan menghibur kaum muslimin.”

Dalam lafazh yang lain disebutkan. مَنْ عَظَمَتْ مُصِيْبَتُهُ فَلْيَذْكُرْ مُصِيْبَتِي، فَإِنَّهَا سَتَهَوَّنُ عَلَيْهِ مُصِيْبَتُهُ

“Siapa saja yang terasa berat ketika menghapi musibah, maka ingatlah musibah yang menimpaku. Ia akan merasa ringan menghadapi musibah tersebut.” Ternyata, musibah orang yang lebih sholih dari kita memang lebih berat dari yang kita alami. Sudah seharusnya kita tidak terus larut dalam kesedihan.

BACA JUGA:  Bacaan Injil Katolik Hari Ini Sabtu 14 Januari 2023, Lengkap dengan Pengantar Injil

Semakin Kuat Iman, Memang Akan Semakin Terus Diuji

Dari Mush’ab bin Sa’id -seorang tabi’in- dari ayahnya, ia berkata, يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ أَشَدُّ بَلاَءً “Wahai Rasulullah, manusia manakah yang paling berat ujiannya?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, « الأَنْبِيَاءُ ثُمَّ الأَمْثَلُ فَالأَمْثَلُ فَيُبْتَلَى الرَّجُلُ عَلَى حَسَبِ دِينِهِ فَإِنْ كَانَ دِينُهُ صُلْبًا اشْتَدَّ بَلاَؤُهُ وَإِنْ كَانَ فِى دِينِهِ رِقَّةٌ ابْتُلِىَ عَلَى حَسَبِ دِينِهِ فَمَا يَبْرَحُ الْبَلاَءُ بِالْعَبْدِ حَتَّى يَتْرُكَهُ يَمْشِى عَلَى الأَرْضِ مَا عَلَيْهِ خَطِيئَةٌ »

“Para Nabi, kemudian yang semisalnya dan semisalnya lagi. Seseorang akan diuji sesuai dengan kondisi agamanya. Apabila agamanya begitu kuat (kokoh), maka semakin berat pula ujiannya. Apabila agamanya lemah, maka ia akan diuji sesuai dengan kualitas agamanya. Seorang hamba senantiasa akan mendapatkan cobaan hingga dia berjalan di muka bumi dalam keadaan bersih dari dosa.”

Di Balik Musibah, Pasti Ada Jalan Keluar

Dalam surat Alam Nasyroh, Allah Ta’ala berfirman, فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا “Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. An Nasyr: 5)

Ayat ini pun diulang setelah itu, إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا “Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. An Nasyr: 6)

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di mengatakan, “Kata al ‘usr (kesulitan) menggunakan alif-lam dan menunjukkan umum (istigroq) yaitu segala macam kesulitan. Hal ini menunjukkan bahwa bagaimana pun sulitnya, akhir dari setiap kesulitan adalah kemudahan.”

BACA JUGA:  Renungan Harian Katolik Rabu 4 Januari 2023: Kerinduan Para Murid untuk Bertemu dengan Sang Guru

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, وَأَنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْراً “Bersama kesulitan, ada kemudahan.”

Kekuatan Sabar dan Shalat Bagi Mukmin

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolong kalian, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS. Al-Baqarah:153)

Imam Ibnu Katsir Rahimahullah dalam tafsirnya menyebutkan;

Setelah Allah Ta’ala menerangkan perintah untuk bersyukur kepada-Nya, maka melalui ayat ini Dia menjelaskan perihal sabar dan hikmah yang terkandung di dalam masalah menjadikan sabar dan salat sebagai penolong serta pembimbing. Karena sesungguhnya seorang hamba itu adakalanya berada dalam kenikmatan, lalu ia mensyukurinya; atau berada dalam cobaan, lalu ia bersabar menanggungnya.

Sebagaimana yang disebutkan oleh sebuah hadis yang mengatakan: عَجَبًا لِلْمُؤْمِنِ، لَا يَقْضِي اللَّهُ لَهُ قَضَاءً إِلَّا كَانَ خَيْرًا لَهُ: إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ، فَشَكَرَ، كَانَ خَيْرًا لَهُ؛ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ فَصَبَرَ كَانَ خَيْرًا لَهُ “Mengagumkan perihal orang mukmin itu. Tidak sekali-kali Allah menetapkan suatu ketetapan baginya, melainkan hal itu baik belaka baginya. Jika dia mendapat kesenangan, maka bersyukurlah dia yang hal ini adalah lebih baik baginya; dan jika tertimpa kesengsaraan, maka bersabarlah dia yang hal ini adalah lebih baik baginya.

Allah Ta’ala menjelaskan bahwa sarana yang paling baik untuk menanggung segala macam cobaan ialah dengan sikap sabar dan banyak salat, seperti yang dijelaskan di dalam firman-Nya:

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلاةِ وَإِنَّها لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخاشِعِينَ “Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolong kalian. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk”. (Al-Baqarah: 45).(p/wa/ana)

Bagikan

BACA JUGA:

Bacaan Takbir Idul Fitri Lengkap di Masjid atau Keliling 2022: Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Takbir Idul Fitri Lengkap. Di Indonesia, memiliki tradisi bahwa takbir tidak hanya dikumandangkan di masjid atau mushola, tetapi di beberapa daerah akan diadakan takbiran atau takbir keliling dengan rute...

Rasulullah Muhammad SAW Meriwayatkan, Idul Adha Lebih Agung Dari Pada Idul Fitri. Mengapa ?

Sepanjang sejarah perjalanan hidup ummat Islam, dalam setahun ada dua kali hari besarnya, yang sangat sakral dan Agung. Hari Raya Idul Fitri yang didahului...

Kelender Liturgi Bulan Desember 2022, Lengkap Bacaan Doa Harian

Kalender Liturgi merupakan siklus waktu yang berlaku di gereja-gereja Kristiani. Berikut adalah kalender Liturgi Desember 2022 lengkap sebulan penuh. Pada Kalender Liturgi Desember 2022 ini...

Orang yang Rugi Saat Bulan Ramadhan, Kata Ustadz Abdul Somad

Puasa Ramadhan 2022 telah ditetapkan jatuh pada tanggal 3 April 2022. Itu berarti, kita sudah sangat dekat dengan bulan puasa Ramadhan 2022. Banyak amalan...

Renungan Harian Katolik Kamis 2 Februari 2023: Pesta Yesus Dipersembahkan di Kenisah

Renungan Harian Katolik hari ini, Kamis 2 Februari 2023 berjudul: “Pesta Yesus Dipersembahkan di Kenisah” Renungan Harian Katolik hari ini, Kamis 2 Februari 2023 dikutip...

POPULER