5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut, Salah Satunya Dapat Membasmi Kutu

Minyak kelapa dikenal punya banyak manfaat, terlebih untuk mengolah makanan karena dianggap lebih sehat.

Sebenarnya minyak kelapa tidak cuma punya manfaat untuk kesehatan tapi juga buat kesehatan dan keindahan rambut.

Rambut setiap hari menghadapi aneka ‘cobaan’ mulai dari proses penataan rambut, paparan polusi hingga sinar matahari. Jika kondisi ini dibiarkan, rambut bakal kering dan rusak.

Oleh karenanya, berikan rambut perawatan terbaik dengan minyak kelapa. Berikut manfaat minyak kelapa buat rambut.

1. Proteksi

Agar tampil lebih menarik, rambut kerap ditata dengan alat catok atau pengeriting rambut. Rambut pun mau tidak mau bersentuhan langsung dengan panas sehingga lama-kelamaan jadi kering dan rapuh.

- Advertisement -

Sebaiknya gunakan minyak kelapa sebelum menggunakan alat penata rambut. Melansir dari Greatist, minyak kelapa akan melindungi rambut dari kerusakan. Anda pun bisa menggunakan minyak kelapa sebelum beraktivitas di luar ruangan. Minyak kelapa akan bertindak layaknya tabir surya buat rambut.

BACA JUGA :   Tips Mencegah Ruam di Kulit Bayi

“Minyak kelapa mengandung SPF 8, yang mana jadi pelindung efektif ber-SPF rendah alami buat rambut,” kata Davis.

2. Cegah kutu

Kulit kepala gatal tidak selalu akibat ketombe. Kutu merupakan salah satu penyebab kulit kepala gatal dan iritasi. Anda tidak mungkin membunuh kutu-kutu berukuran mini ini satu per satu. Dengan bantuan minyak kelapa, Anda bisa membasmi mereka sekaligus.

Dilansir dari berbagai sumber, sebuah studi kecil menemukan kombinasi adas dan minyak kelapa 40 persen lebih efektif menangani kutu daripada obat Permethrin.

3. Tangani ketombe

Persoalan ketombe selalu berhasil menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Setiap saat Anda diusik sensasi gatal di kulit kepala, ditambah serpihan putih yang mengotori baju.

Ketombe bisa disebabkan pertumbuhan jamur yang tak terkendali pada kulit kepala. Minyak kelapa mengandung komponen antimikrobial sehingga mampu membantu menangani ketombe.

BACA JUGA :   Cara Ampuh Mencegah dan Menghilangkan Bau Badan

4. Jinakkan rambut kusut

Tak perlu menggunakan produk perawatan rambut khusus untuk menangani rambut kusut. Anda cukup menggunakan minyak kelapa.

“Manfaat penghalus kutikula dari minyak kelapa membuatnya jadi obat anti-kusut paling efektif,” kata Davis.

Minyak kelapa mengandung lemak utama berupa asam laurat (lauric acid). Lemak satu ini akan memberikan rambut kilau dan kelembutan. Kandungan vitamin dan asam lemak lain pada minyak kelapa akan membantu rambut tampil lebih sehat dan mengurangi kelebihan sebum.

5. Bantu menyuburkan rambut

Di samping rambut kusut, minyak kelapa akan melembutkan, menghidrasi dan menguatkan helai-helai rambut yang kering dan rapuh. Saat kutikula rambut kuat, rambut terlindung dari paparan polusi sehingga pertumbuhan rambut terdukung.

Bagikan

BACA JUGA:

Cara Mudah Tingkatkan Produksi ASI Secara Alami

Dilansir AiCAre, Menyusui adalah salah satu cara paling efektif untuk memastikan kesehatan dan kelangsungan hidup anak. WHO merekomendasikan agar bayi disusui secara eksklusif selama...

Faktor dan Gejala Penyebab Kanker Payudara pada Pria

Kanker payudara adalah penyakit yang sangat rawan pada wanita. Namun hal ini seharusnya tidak hanya di takuti oleh kalangan wanita saja. Namun pria juga...

4 Gejala Maag yang Perlu Diperiksakan ke Dokter

Meski sakit maag umum terjadi, bukan berarti masalah kesehatan ini boleh disepelekan. Pasalnya, sakit maag juga bisa disebabkan oleh kondisi serius. Oleh karena itu,...

Manfaat Coklat untuk Kesehatan

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Cokelat atau Coklat (Inggris:Chocolate) adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao (Theobroma cacao). nih, manfaat coklat buat kesehatan, apa aja sih...

Fatwa MUI Tentang Apakah Vaksin Dapat Membatalkan Puasa, Simak Penjelasannya

Menjelang bulan Ramadan, sebagian besar masyarakat Indonesia khawatir jika pelaksanaan vaksinasi dapat membatalkan puasa. Untuk menjawab kekhawatiran tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa tentang...

POPULER